FITNESS & HEALTH

Ini Teknik Pernapasan Bibir Mengerucut untuk Meringankan Gejala Covid-19

Kumara Anggita
Selasa 22 Juni 2021 / 18:10
Jakarta: Latihan pernapasan dianggap bisa menjadi salah satu cara untuk meringankan gejala covid-19 yang menyerang sistem pernapasan. Sebab orang yang sakit parah akibat covid-19 bisa mengalami pneumonia.

Hal ini menyebabkan paru-paru terisi dengan cairan dan lendir. Jadi membuatnya semakin sulit untuk bernapas dan mendapatkan oksigen yang dibutuhkan tubuh untuk berfungsi.

Latihan pernapasan dalam bisa bermanfaat untuk membersihkan paru-paru dan memperkuat fungsi paru-paru. Latihan pernapasan membuatmu mendapatkan oksigen jauh ke dalam paru-paru. Ini membersihkan lendir dan cairan lainnya di saluran pernapasan.
 

Pernapasan bibir mengerucut


Pernapasan bibir yang mengerucut membuatmu mendapatkan lebih banyak oksigen ke paru-paru daripada pernapasan biasa. Cara ini juga membuat saluran udara terbuka lebih lama dengan mengurangi jumlah napas yang kamu ambil per menit.

Ikuti langkah-langkah ini untuk mencoba pernapasan bibir yang mengerucut:

1. Bersantailah dalam posisi duduk dengan otot leher dan bahu tidak terikat.

2. Tarik napas perlahan melalui hidung selama beberapa hitungan dengan mulut tertutup.

3. Sebelum menghembuskan napas, kerutkan bibir seperti kamu mau meniup lilin.

4. Buat bibir kamu tetap mengerucut, hembuskan semua udara di paru-paru kamu perlahan.

5. Cobalah untuk menghembuskan napas dalam jumlah hitungan yang lebih lama daripada yang kamu hirup.

6. Ulangi beberapa kali.

Dengan mengikuti arahan ini, kamu sudah melakukan latihan pernapasan yang baik untuk paru-paru. Semoga ini membantu meringankan gejala. Keep Healthy
(FIR)