FITNESS & HEALTH

Latihan Pernapasan bagi Ibu Hamil yang Positif Covid-19

Kumara Anggita
Senin 19 Juli 2021 / 16:23
Jakarta: Latihan pernapasan perlu dilakukan untuk mengurangi gejala sesak yang timbul akibat infeksi covid-19. Menurut dr. Amien Suharti, Sp.KFR, Dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi dari RSUI, kamu bisa mencoba tiga latihan yang umum direkomendasikan antara lain pursed lip breathing, latihan untuk memperkuat otot pernapasan, dan pernapasan diafragma.

Latihan pernapasan ini bisa dilakukan oleh siapa saja termasuk mereka yang obesitas, memiliki penyakit jantung, atau masalah pada paru-paru. Kuncinya adalah cari latihan yang paling nyaman untuk dilakukan.

“Biasanya kalau pada pasien dengan gangguan jantung, gemuk itu memang lebih berat gangguan pernapasannya. Kontra indikasi atau larangan tidak ada karena prinsipnya latihan tadi cukup aman untuk pasien dengan jantung dan gemuk,” jelasnya dalam Live IG RSUI.


pursed
(Ibu hamil bisa melakukan teknik pursed lip breathing. Foto: Dok. Vitalpuff.com)


Menurutnya mungkin ibu hamil akan mengalami kendala pada latihan pernapasan diafragma. Ini karena latihan pernapasan diafragma banyak menggunakan diafragma dan perut. 

“Namun diafragma breathing agak susah pada ibu hamil. Ini disarankan adalah latihan untuk pursed lip breathing. Ini bisa dilakukan setiap orang,” paparnya.

Kesulitan juga mungkin akan dialami oleh mereka yang baru melahirkan. “Atau pasca sesar, diafragma atau bagian perut agak susah ya untuk digerakkan jadi dimaksimalkan di thorax atau dada,” jelasnya.

“Sebaliknya pasien dengan operasi dada, pernapasannya yang dimaksimalkan di bagian diafragma tadi. Karena agak sakit di bagian dada,” katanya.

(TIN)