FITNESS & HEALTH

5 Makanan Ini Mencegah Peradangan pada Paru-paru

Raka Lestari
Rabu 27 Januari 2021 / 08:06
Jakarta: Inflamasi atau peradangan bisa terjadi pada bagian tubuh, salah satunya adalah paru-paru. Untuk mencegah hal tersebut, melakukan pola hidup yang sehat, seperti olahraga dan mengonsumsi makanan yang sehat untuk paru-paru, sangatlah disarankan.

Apa saja makanan yang dapat melawan inflamasi pada paru-paru? Berikut ini adalah daftarnya:
 

1. Flaxseeds


"Mengonsumsi flaxseeds sehari-hari merupakan cara terbaik untuk memenuhi asupan tubuhmu akan asam lemak omega-3,"ujar Asha Devereaux, MD, MPH, seorang ahli paru di Coronado, California.

"Asam lemak omega-3 dapat membantu tubuh untuk melawan peradangan yang terjadi," sambungnya.
 

2. Ikan


Asam eikosapentaenoat (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA) adalah omega-3 utama yang membantu dengan peradangan. Dua kandungan ini dapat kamu temukan pada ikan berlemak.

Devereaux merekomendasikan makan makanan laut untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan EPA dan DHA. Ia juga menyarankan untuk memilih Diet Mediterania yang lebih banyak mengandung ikan di dalamnya.
 

3. Walnut


Jika kamu bukan penggemar makanan laut, kamu bisa mendapatkan omega-3 dari sumber lain. Kamu bisa mendapatkannya dari kacang-kacangan, dan Walnut adalah pilihan terbaik.

Meskipun memang, kacang-kacangan tidak setara dengan ikan berlemak, karena ALA (jenis asam lemak omega-3 dalam sumber tanaman) perlu dikonversi agar tubuh dapat menggunakannya.
 

4. Jeruk


Mengonsumsi vitamin C dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh yang sangat penting bagi orang dengan masalah paru-paru. Pilek yang dialami akan memperburuk masalah paru-paru yang kamu alami.

Sebuah meta-analisis dalam Scientific Reports juga menemukan bahwa, untuk setiap 100 miligram vitamin C yang dikonsumsi setiap hari, risiko kanker paru-paru berkurang hingga 7 persen.
 

5. Susu


Orang-orang yang memiliki penyakit paru cenderung lebih berisiko untuk mengalami defisiensi vitamin D dan memang kekurangan vitamin D dapat menyebabkan inflamasi pada paru-paru.

“Kami merekomendasikan untuk mereka yang mengalami penyakit paru-paru memiliki kadar vitamin D yang cukup. Susu memenuhi sekitar seperlima dari kebutuhan harianmu, dan ikan berlemak secara alami mengandung lebih banyak vitamin D,” ujar Dr. Devereaux.
(FIR)