FITNESS & HEALTH

Risiko Kesehatan Mengonsumsi Pala

Sunnaholomi Halakrispen
Sabtu 24 Oktober 2020 / 18:07
Jakarta: Pala merupakan salah satu bahan pelengkap cita rasa beragam masakan. Selain sebagai bumbu penyedap, juga diyakini sebagai antioksidan. Namun, ada sejumlah risiko kesehatan dari mengonsumsi pala.

Dikutip dari Very Well Fit, beberapa sumber menyebut pala memiliki efek pada sistem saraf dan imajinasi. Bahkan, ada hasil penelitian yang mengatakan bahwa minyak esensial pala dapat memiliki efek hipnotis atau halusinogen. 

Faktanya, ada laporan yang diterbitkan tentang pala yang digunakan sebagai obat psikotropika dengan konsekuensi berbahaya. Ada juga sejarah panjang menggunakan pala untuk meredakan nyeri kronis.

Penelitian pada tikus menunjukkan bahwa minyak pala mungkin berpotensi sebagai pereda nyeri kronis, tetapi penelitian pada manusia masih kurang.

Menurut Database Komprehensif Obat Alami, pala mungkin aman bila dikonsumsi dalam jumlah yang biasanya ditemukan dalam makanan. Namun, apabila mengonsumsi pala secara berlebihan, bisa berisiko menyebabkan mual, muntah, dan halusinasi.

Ada laporan tentang keracunan pala sejak awal 1900-an, dengan gejala. Termasuk rasa sakit yang membakar di perut, kecemasan prekordial, atau pusing.

Para peneliti menulis bahwa efek racun pala disebabkan oleh adanya minyak myristicin, senyawa organik alami yang ditemukan dalam rempah-rempah. Menurut laporan yang diterbitkan, keracunan pala jarang terjadi tetapi mungkin kurang dilaporkan dan harus dipertimbangkan pada pengguna zat rekreasi dengan gejala psikotik akut serta gejala sistem saraf pusat.

Selain itu, Database Komprehensif Obat Alami menyarankan bahwa penggunaan jangka panjang pala dalam dosis 120 mg atau lebih setiap hari telah dikaitkan dengan halusinasi dan efek samping mental lainnya.

"Orang yang mengonsumsi pala dengan dosis lebih besar mengalami mual, kering mulut, pusing, detak jantung tidak teratur, agitasi, dan halusinasi. Efek samping serius lainnya termasuk kematian," tulis mereka dikutip dari Very Well Fit.
(YDH)