FITNESS & HEALTH

5 Tipe Orang yang Sebaiknya Enggak Minum Kopi

Kumara Anggita
Kamis 25 Maret 2021 / 18:04
Jakarta: Kopi merupakan minuman yang enak dan bisa membuatmu jadi lebih berenergi. Namun sayangnya, tak semua orang bisa menikmatinya. Sebab beberapa orang memiliki sensitivitas kafein yang tinggi.

Mengutip dari Everyday Health, orang yang sensitif terhadap kafein, merasakan efek yang jauh lebih kuat daripada mereka yang tidak memiliki sensitivitas. Orang tersebut mungkin merasa seolah-olah dia telah meminum beberapa gelas espresso setelah hanya beberapa teguk kopi.

“Insomnia saat mengonsumsi kafein juga bisa menjadi indikasi kafein memengaruhi siklus tidur kamu. Jika kamu mengalami detak jantung yang berdebar kencang, konsultasikan dengan dokter kamu untuk menentukan berapa jumlah kafein yang aman untuk kamu konsumsi,” kata Erin Palinski-Wade, RD, CDE, penulis 2 Day Diabetes Diet and a private ahli diet -praktek di Franklin, New Jersey.

Gejala lain yang mungkin muncul meliputi kecemasan, detak jantung berdebar kencang, lelah, dan sakit kepala. Berikut ini beberapa tipe orang yang sebaiknya menghindari minum kopi antara lain:
 

1. Perempuan yang sedang konsumsi pil


Jika kamu adalah perempuan yang meminum pil KB, lebih baik jangan minum kopi dulu. Menurut sebuah penelitian di Journal of Nutrition, kafein bersaing untuk mendapatkan enzim yang sama di hati yang juga memproses estrogen. Ketika hormon sintetis dimasukkan ke dalam tubuh, tubuh jadi memproses kafein sekitar sepertiga kecepatan yang seharusnya.
 

2. Sedang mengonsumsi obat-obatan


Beberapa jenis obat dapat berinteraksi dengan kafein, sehingga membuat efek sampingnya lebih terasa. Mayo Clinic menunjukkan bahwa, obat dan suplemen seperti Theo-24 (teofilin), yang digunakan untuk mengobati masalah pernapasan, dan echinacea yang merupakan suplemen herbal dapat meningkatkan efek kafein dalam tubuh.

Tanyakan kepada dokter atau apoteker untuk mengetahui apakah obat-obatan yang kamu  konsumsi dapat memengaruhi cara tubuhmu memproses kafein.
 

3. Tidak biasa minum kafein


Kafein memiliki efek yang lebih kuat pada mereka yang tidak mengkonsumsinya secara teratur dibandingkan dengan mereka yang telah membangun toleransi. Menurut Mayo Clinic, tidak mengonsumsi kafein secara teratur dapat menyebabkan sensitivitas yang lebih tinggi terhadapnya.
 

4. Kamu memiliki kecemasan


Jika kamu sudah mengalami kecemasan atau stres tingkat tinggi, kafein dapat memperburuk gejala yang sudah kamu alami. Menurut Anxiety and Depression Association of America, kafein dapat meningkatkan serangan panik, kurang tidur, dan memperburuk gejala kecemasan pada mereka yang mengalami gangguan kecemasan.
 

5. Asam lambung dan mag


Kamu yang punya mag sebenarnya tidak dianjurkan untuk minum kopi, sebab kandungan kafeinnya bisa meningkatkan produksi asam lambung. Asupan kafein yang berlebihan juga dapat melonggarkan otot kerongkongan dan mengiritasi dinding lambung, sehingga membuat gejala mag gampang kambuh.
(FIR)