FITNESS & HEALTH

Sayuran Pantangan untuk Penderita Diabetes

Kumara Anggita
Kamis 01 Juli 2021 / 11:06
Jakarta: Segala jenis sayuran pada umumnya memiliki manfaat baik untuk kesehatan. Namun, untuk penderita diabetes ada beberapa jenis sayuran tertentu bisa mengacaukan kadar gula darah.

Berikut beberapa sayuran pantangan untuk kamu yang memiliki penyakit diabetes:
 

Jagung


Jagung adalah jenis makanan yang mengandung pati. Mengutip dari Sehatq, karbohidrat pada sayuran yang mengandung pati akan dipecah menjadi glukosa dan diserap ke dalam darah. Ini memiliki indeks glikemik tinggi dan dapat meningkatkan kadar gula lebih cepat jika dibandingkan jenis makanan lain.
 

Kacang-kacangan


Sama seperti jagung, kacang-kacangan juga mengandung pati. Bukan berarti penderita diabetes benar-benar dilarang makan sayuran seperti jagung dan kacang-kacangan. Tapi, kamu perlu membatasi porsinya.
 

Kentang


Kentang juga mengandung pati. Pastikan kamu memakannya dengan jumlah yang sudah direkomendasikan oleh Dokter.
 

Tomat


Tomat adalah buah yang juga dikategorikan oleh banyak orang sebagai sayur. Tomat merupakan hidangan yang manis, jadi kamu harus perhatikan kadar gulamu pada sayuran yang seperti ini.
 

Kacang polong


Satu gelas kecil kacang polong mengandung 20 gram karbohidrat. Ini cukup tinggi kalori bila dimakan dalam jumlah banyak. Karbohidrat yang tinggi tidak baik untuk penderita diabetes. Jadi ukur porsinya, jangan berlebihan.


Sayur kaleng


Makanan yang bersodium (natrium) tinggi juga tidak bagus untuk diabetes. Ini dapat meningkatkan tekanan darah yang berbahaya buat kamu yang diabetes. Sayur kaleng biasanya memiliki sodium tinggi. Pastikan, kamu konsumsi sodium tidak boleh lebih dari 2300 mg atau sebanyak 1 sendok teh setiap harinya.
(YDH)