FITNESS & HEALTH

Atasi Ruam dan Eksem: 1 dari 5 Manfaat Sirsak untuk Kulit

Mia Vale
Selasa 05 Juli 2022 / 11:05
Jakarta: Mendengar nama buah sirsak, yang ada dalam benak kita pasti adalah jus sirsak. Padahal, selain segar untuk dikonsumsi, sirsak atau graviola (ramphal) juga berkhasiat sebagai obat dan beberapa manfaat kesehatan lainnya. Untuk perawatan kulit, misalnya. 

Karena sifat antibakteri dan antiseptik yang ditemukan dalam sirsak, alhasil buah ini banyak disertakan dalam berbagai produk perawatan kulit dan perawatan rambut. Melansir dari Simplicity, berikut beberapa manfaat buah sirsak untuk perawatan kulit halusmu. Check this out!
 

1. Mengobati kulit gatal 


Antivirus dan anti-inflamasi yang ditemukan dalam sirsak, dapat membantu menenangkan iritasi dan gatal-gatal pada kulit dan meningkatkan kesehatan kulit.

Caranya, ambil tiga sampai empat sendok ampas sirsak. Tambahkan satu sendok madu dan satu sendok yogurt ke dalamnya. Campurkan keduanya dan oleskan pada bagian yang sakit. Pijat selama beberapa waktu dan bersihkan dengan air hangat. 



(Kandungan vitamin C pada buah sirsak bisa dipakai perawatan kulit, termasuk mengatasi jerawat. Foto: Ilustrasi/Pexels.com)
 

2. Mengobati jerawat 


Kalau wajahnu berjerawat, sirsak menjadi salah satu obat efektif untuk mrnyembuhkannya. Pasalnya, antibakteri pada sirsak dapat membantu menyembuhkan kulit dan meningkatkn regenerasi sel. Coba ambil satu sampai dua sendok ampas sirsak. 

Tambahkan dua sendok susu, satu sendok gel lidah buaya dan sejumput kunyit. Campur semuanya dan terapkan ini pada jerawat atau daerah yang terkena. Biarkan hingga kering lalu bilas dengan air dingin. 
 

3. Manfaat anti-penuaan 


Untuk menghilangkan kerutan, garis halus dan tanda penuaan lainnya secara efektif, sertakan sirsak dalam rutinitas perawatan kulit harian. Sirsak mengandung antioksidan yang memainkan peran utama dalam membunuh radikal bebas yang bertanggung jawab atas tanda-tanda penuaan ini. 

Ambil beberapa sendok bubur sirsak dan tambahkan satu sendok lidah buaya ke dalamnya. Tambahkan satu tetes minyak esensial lavender dan pijat kulit wajah dengan masker ini. Pijat dengan gerakan memutar selama 15 menit dan bilas dengan air dingin.
 

4. Mengobati ruam kulit dan eksem 


Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, sirsak mengandung sifat antivirus dan antibakteri yang membantu mencegah segala jenis infeksi kulit. Bila menderita infeksi kulit atau eksem, memijat beberapa pasta sirsak di daerah yang terkena. Jika tidak menempel, menggunakan air sirsak di daerah yang terkena juga dapat meringankan masalah dengan mudah. 
 

5. Mengobati hiperpigmentasi 


Sirsak mengandung vitamin C dan asam askorbat dalam jumlah tinggi yang memainkan peran utama dalam mempromosikan cahaya kulit dan merawat area hiperpigmentasi. 

Jika memiliki warna kulit yang tidak merata dan mengganggu, gunakan sirsak sebagai obat untuk mengobati pigmentasi tersebut. Untuk mengobati pigmentasi, campurkan jus sirsak dan minyak kelapa dalam jumlah yang sama. Pijat wajah dengan ini dan biarkan semalaman. Cuci bersih di pagi hari dan keringkan. 

(TIN)