FITNESS & HEALTH

Central Park & Neo Soho Mall Edukasi Masyarakat Pentingnya Cegah Stunting

Rosa Anggreati
Senin 21 Februari 2022 / 21:30
Jakarta: Indonesia merupakan negara yang memiliki berbagai permasalahan kesehatan yang kompleks, terutama masalah gizi. 

Indonesia memiliki masalah gizi ganda (double burden of malnutrition), yang artinya terdapat masalah gizi kurang (seperti stunting, gizi buruk dan anemia) dan juga gizi lebih (kegemukan dan obesitas) yang terjadi dalam waktu yang bersamaan di semua tingkatan masyarakat. 

Data Riskesdas tahun 2018 menunjukkan balita stunting di Indonesia sebanyak 30,5 persen. Sedangkan, prevalensi obesitas pada orang dewasa sebanyak 21,8 persen. 

Stunting atau anak bertubuh pendek adalah suatu kondisi kurang gizi kronis yang disebabkan karena kurangnya asupan gizi serta kurangnya pengetahuan orang tua akan pentingnya kesehatan. Dampak stunting pada anak dapat mempengaruhinya dari ia kecil hingga dewasa. 

Stunting pada anak menyebabkan terganggunya perkembangan otak, metabolisme tubuh, dan pertumbuhan fisik. 

Sedangkan, obesitas merupakan faktor risiko Penyakit Tidak Menular (PTM) seperti Penyakit Jantung Koroner (PJK), Diabetes Melitus (DM) atau kencing manis, dan hipertensi atau darah tinggi. Obesitas dapat dihindari dengan membiasakan pola perilaku hidup sehat, salah satunya dengan menerapkan 4 pilar gizi seimbang.
 
Di Provinsi DKI Jakarta berdasarkan Hasil Survei Status Gizi Indonesia Tahun 2021, besaran masalah gizi secara signifikan mengalami penurunan prevalensi stunting dari 19,9 persen pada 2019 menjadi 16,8 persen. Sedangkan, prevalensi wasting sebesar 7,1 persen. Sehingga Provinsi DKI Jakarta termasuk dalam kuadran 5 Provinsi Kategori Akut di Indonesia.

Sebagai perwujudan kolaborasi Pentahelix Dinas Kesehatan DKI Jakarta berkolaborasi dengan pihak swasta antara lain Neo Soho Central Park, Bank DKI, Pegadaian, Organisasi Profesi Persatuan Ahli Gizi Indonesia (PERSAGI), dan juga Pusat Pelatihan Kesehatan Daerah, Suku Dinas Kesehatan enam wilayah Kab/Kota, Puskesmas Grogol Petamburan, serta stake holder terkait lainnya dalam menyelenggarakan kegiatan ini, seperti dukungan Dinas Pertamanan dan Hutan Kota, Disparekraf, Diskominfo dan Dinas Teknis terkait lainnya yang memberikan kontribusi luar biasa yang tidak bisa disebutkan satu persatu dari semua OPD di Lingkungan Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta.



Untuk menumbuhkan kesadaran pentingnya mencegah stunting pada anak, Neo Soho dan Central Park memberikan edukasi kepada masyarakat agar makan dengan gizi seimbang guna mencegah stunting dan obesitas pada rangkaian Hari Gizi Nasional melalui Talkshow “Aksi Bersama Cegah Stunting dan Obesitas.” 

Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan HGN ke-62 Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, beberapa waktu lalu.

Peringatan HGN ke-62 merupakan momentum penting dalam menggalang kepedulian dan meningkatkan komitmen dari berbagai pihak untuk bersama membangun gizi menuju bangsa sehat berprestasi melalui gizi seimbang dan produksi pangan berkelanjutan, sehingga dapat turut mendorong pencapaian RPJMN bidang kesehatan.
(ROS)