FITNESS & HEALTH

Makanan Terbaik untuk Menurunkan Kolesterol di Usia 50 Tahun ke Atas

Raka Lestari
Selasa 21 Desember 2021 / 20:29
Jakarta: Ketika memasuki usia 50 tahunan, tubuh akan mengalami berbagai perubahan. Salah satu yang paling umum adalah kadar kolesterol yang berpotensi naik.

Tingkat kolesterol secara alami meningkat untuk pria dan wanita seiring bertambahnya usia. Tetapi wanita yang sudah menopause mengalami potensi lonjakan yang lebih tinggi dalam tubuh mereka.

Inilah sebabnya mengapa sangat penting untuk melakukan berbagai hal yang bisa dilakukan di usia 50 atau 60-an yang bisa membantu menjaga kadar kolesterol. Beberapa di antaranya adalah kebiasaan makan dan olahraga sehari-hari.

Menurut Amy Goodson, MS, RD, CSSD, LD, penulis The Sports Nutrition Playbook, salah satu kebiasaan makan terbaik yang bisa dilakukan untuk menurunkan kolesterol setelah usia 50 tahun adalah, memasukkan serat larut ke dalam makanan harianmu.

“Serat larut adalah salah satu faktor terbesar yang dapat membantu menurunkan kolesterol, karena larut dalam air membentuk bahan seperti gel yang dapat mengikat kolesterol," kata Goodson.

Ada banyak jenis makanan yang mengandung serat larut. Salah satunya gandum, atau apa pun yang dibuat dengan tepung gandum. Selain itu buah-buahan dengan kulitnya, biji-bijian dan kacang-kacangan seperti almond, berada di urutan teratas yang merupakan makanan serat larut.

"Cobalah makan oatmeal saat sarapan, makan almond dan apel sebagai camilan, taburkan biji-bijian dalam sereal atau yogurt, dan tambahkan kacang ke mangkuk saat makan malam," ucap Goodson.

Meskipun serat larut adalah jenis yang mengikat kolesterol dan mengeluarkan kolesterol dari tubuh, serat tidak larut juga penting untuk menjaga kesehatan. Sebab, jenis serat inilah yang membantu melunakkan tinja dan menjaga saluran pencernaan tetap sehat, dan dapat ditemukan dalam makanan seperti biji-bijian, kentang, dan kacang hijau.

"Akan tetapi dalam hal menurunkan kolesterol, serat larut harus menjadi fokus utama yang perlu dikonsumsi. Usahakan untuk makan 25 hingga 38 gram serat sehari dan 5 hingga 10 gram itu berasal dari serat larut," tutup Goodson.
(FIR)