FITNESS & HEALTH

Cara Mengatasi Kelelahan Akibat Pekerjaan

Mia Vale
Selasa 24 Mei 2022 / 13:05
Jakarta: Tak jarang pekerjaan menuntut performa yang tinggi. Dalam suatu waktu bisa saja kamu merasa kelelahan.

Menurut dr. Kamila Fitri Islami, Dokter Umum dari RS Pondok Indah – Bintaro Jaya, Kelelahan pada tubuh atau biasa dikenal dengan fatigue adalah kondisi di mana tubuh kekurangan energi sehingga timbul beberapa gejala seperti letih, lesu, perubahan emosi, sulit berkonsentrasi dan menjadi lebih pelupa. 

Menurutnya kelelahan pada umumnya dapat menjadi respons penting dan normal tubuh terhadap beberapa hal seperti aktivitas fisik, stres, atau kurang tidur yang merupakan gejala umum dan biasanya bukan karena penyakit serius. 

"Kelelahan yang normal biasanya akan membaik atau hilang setelah diatasi dengan tidur yang cukup, asupan nutrisi yang baik, hidrasi yang adekuat, dan menjauhi paparan stres tinggi," ujar dr. Kamila.
 

Lalu, apakah ada kelelahan yang normal dan tak normal?


Dr. Kamila menjelaskan bahwa kelelahan yang normal biasanya akan membaik atau hilang setelah diatasi dengan tidur yang cukup, asupan nutrisi yang baik, hidrasi yang adekuat, dan menjauhi paparan stres tinggi. 

"Apabila setelah melakukan hal-hal tersebut dirasakan belum ada perbaikan atau kondisi cenderung memburuk, perlu dilakukan evaluasi lebih lanjut ke tenaga kesehatan untuk mencari tahu penyebab yang mendasari keluhan kelelahan," saran dr. Kamila.


hubungan mati dengan keleahan
(Pada beberapa studi disebutkan bahwa kelelahan merupakan salah satu pemicu kematian jantung mendadak yang paling umum. Foto: Ilustrasi/Pexels.com)

 

Hubungan kelelahan dengan kematian


Paparan dr. Kamila, kelelahan tidak secara langsung menyebabkan kematian. Namun beberapa studi kerap menemukan hubungan antara kelelahan dan kematian jantung mendadak. 

"Pada beberapa studi disebutkan bahwa kelelahan merupakan salah satu pemicu kematian jantung mendadak yang paling umum. Hal ini mungkin terjadi apabila orang tersebut telah memiliki faktor risiko sebelumnya dan menjalani pola hidup yang tidak sehat seperti kurang tidur, aktivitas berlebih, kurangnya asupan gizi yang baik, dan kondisi stres berkepanjangan," ungkapnya kepada Medcom.id.
 

Cara mengatasi kelelahan dalam bekerja


Lalu, apa yang harus dilakukan agar seseorang tidak kelelahan dalam bekerja? Dr. Kamila memberikan penjelasa, apabila sedang menjalani sebuah pekerjaan dengan tuntunan yang tinggi dan mengikat, berikut beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menghindari kelelahan:

- Minum air putih minimal 8 gelas/hari
- Sempatkan tidur yang cukup dan berkualitas
- Mengisi sela waktu bekerja dengan makan camilan sehat dan bergizi
- Istirahatkan mata selama 20 detik setelah melihat layar komputer/gadget 20 menit
- Aktif bergerak dan lakukan peregangan di sela-sela kesibukan kamu
- Hindari pemicu stres
- Kurangi mengonsumsi kafein berlebihan

(TIN)