FITNESS & HEALTH

Kerap Merasa Kembung usai Minum Susu Sapi, Ini Trik yang Dilakukan Anya Geraldine

Raka Lestari
Jumat 14 Januari 2022 / 13:10
Jakarta: Gaya hidup atau pola hidup sehat seperti berolahraga dan mengkonsumsi makanan bernutrisi tinggi menjadi hal yang tidak dapat dipisahkan dari sosok Anya Geraldine. Perempuan kelahiran Jakarta, 15 Desember 1995, yang berprofesi sebagai aktris dan model ini, kerap membagikan pola hidup sehat dalam akun sosial media miliknya @anyageraldine.

“Akhir-akhir ini, saya lagi sibuk shooting webseries dan film. Selain itu, saya juga sedang mengerjakan beberapa project campaign. Untuk itu, di tengah padatnya kegiatan yang saya lakukan, saya harus menerapkan pola hidup sehat seperti rutin berolahraga dan menjaga asupan makanan seperti mengkonsumsi sayur, buah dan segelas susu setiap harinya," ujar Anya.

Menurut Anya, dengan banyaknya kegiatan yang ia jalani tersebut, kalau tidak diimbangi dengan pola hidup sehat bisa berdampak negatif bagi kesehatannya di masa mendatang.

Selain berolahraga dan mengonsumsi makanan yang memiliki nutrisi tinggi, Anya juga mengelola stres dengan bermeditasi dan beristirahat dengan cukup. Sebelum menjalankan pola hidup sehat, Anya kerap merasa kurang fit.

Salah satunya seperti sering merasa sakit perut, kembung, bahkan terkadang hingga mual. Hal ini tentu mengganggu beragam kesibukan dan produktivitasnya.

“Masalah ini tentunya cukup mengganggu kesibukan dan produktivitas saya. Akhirnya, saya mulai cari tahu dengan membaca artikel, literatur, dan konsultasi ke dokter serta ahli gizi. Ternyata setelah baca-baca dan konsultasi, ketidaknyamanan yang dirasakan di perut ini disebabkan gula yang terkandung dalam susu sapi yang rutin saya konsumsi (laktosa),” tutur Anya.

Pada awalnya, ia berpikir untuk berhenti mengonsumsi susu sapi, namun atas saran dari dokter ahli gizi, Anya menemukan solusi dengan mengonsumsi susu bebas laktosa. Susu bebas laktosa yang saat ini beredar di pasaran mayoritas adalah susu plant based dan belum ada yang berasal dari sapi.

Sebagai pencinta susu sapi, Anya tentunya mencari tahu lebih dalam tentang intoleransi laktosa juga perbedaannya dengan alergi susu dan kenapa belum ada susu sapi yang bebas laktosa.

“Dari hasil pencarian, saya menjadi tahu pentingnya pengetahuan tentang intoleransi laktosa dan juga alergi susu, karena ini merupakan dua hal yang berbeda. Saya yakin banyak masyarakat yang belum aware kalau dirinya mengalami hal yang sama. Setelah tahu penyebabnya, sekarang saya lebih selektif dalam memilih makanan dan minuman yang akan saya konsumsi untuk memenuhi kebutuhan gizi,” tutup Anya. 
(FIR)