FITNESS & HEALTH

Beragam Manfaat Stroberi untuk Ibu Hamil

Cindy
Jumat 19 November 2021 / 06:00
Jakarta: Ada beberapa daftar makanan dan minuman yang boleh dikonsumsi dan tidak saat memasuki masa kehamilan. Ini guna menjaga si kecil yang berada dalam perut tetap sehat. Salah satu buah yang tidak boleh terlewatkan untuk dikonsumsi ialah stroberi. 

Dilansir dari Alodokter, manfaat stroberi untuk ibu hamil amat banyak, sehingga mengonsumsinya secara rutin sangatlah dianjurkan. Stroberi mengandung beragam nutrisi penting yang dibutuhkan ibu hamil dan janin. 

Nutrisi pada satu buah stroberi, meliputi karbohidrat, vitamin C, antioksidan, serat, gula, kalium, kalsium, magnesium, dan asam folat. Oleh karena itu, buah ini sangat cocok dijadikan camilan sehat untuk ibu hamil. Berikut sejumlah manfaat stroberi untuk ibu hamil dikutip dari berbagai sumber:

1. Menjaga daya tahan tubuh

Ibu hamil. Pexels
Ibu hamil. Pexels.

Vitamin C dan antioksidan yang terkandung pada stroberi mampu meningkatkan kekuatan sel imun dan menangkal radikal bebas. Sehingga, ibu hamil akan terhindar dari berbagai macam penyakit. 

2. Mencegah janin cacat

Kandungan vitamin B9 atau asam folat yang tinggi dalam stroberi dapat membantu proses pertumbuhan dan perkembangna jaringan normal janin. Mengonsumsi buah ini secara rutin setiap hari dapat menurunkan risiko janin cacat serta menghindari keguguran. 

3. Mencegah anemia

Anemia adalah salah satu komplikasi kehamilan yang perlu diwaspadai ibu hamil. Anemia saat habil bisa meningkatkan risiko kelahiran prematur, berat badan bayi rendah, dan depresi usai melahirkan. Untuk itu, sangat disarankan bagi ibu hamil untuk rutin mengonsumsi stroberi. 

Baca: Selain Mual, Ini 8 Ciri-ciri Hamil yang Tak Disadari

4. Mengatasi mual saat hamil

Manfaat stroberi untuk ibu hamil lainnya adalah membantu mengatasi rasa mual yang kerap muncul di trimester pertama kehamilan. Rasa manis, asam, dan kandungan air di dalam stroberi mampu mengalihkan rasa mual. 

5. Menurunkan tekanan darah

stroberi. freepik
Stroberi. freepik.

Kandungan kalium pada stroberi dipercaya mampu membantu menurunkan tekanan darah pada ibu hamil. Selain itu, kalium juga berperan penting untuk mengatasi kram kaki yang sering dialami ibu hamil. 

6. Mengendalikan kadar gula darah

Stroberi cocok dikonsumsi ibu hamil yang menderita diabetes atau kadar gula darah tinggi. Sebab, buah ini dapat memperlambat penyerapan gula di usus. Stroberi juga dapat mengurangi terjadinya lonjakan insulin setelah ibu hamil makan makanan berkarbohidrat tinggi.

7. Mencukupi kebutuhan cairan tubuh

Ibu hamil rentan mengalami dehidrasi karena pada masa ini, kebutuhan cairan tubuh meningkat. Konsumsi stroberi setiap hari bisa membantu mencukupi kebutuhan cairan saat hamil. 

Itulah sederet manfaat stroberi untuk ibu hamil yang sayang untuk dilewatkan. Selain stroberi, ibu hamil juga harus mengonsumsi beragam makanan sehat lainnya, seperti sayur-sayuran, beragam jenis buah, kacang-kacangan, serta sumber lemak, dan protein. 

Baca: Bolehkah Wanita Hamil Minum Kopi?
(CIN)