FITNESS & HEALTH

Enggak Sempat Berjemur, Konsumsi Ini agar Dapat Asupan Vitamin D

Raka Lestari
Rabu 23 Juni 2021 / 19:05
Jakarta: Vitamin D adalah satu-satunya nutrisi yang diproduksi tubuh saat terkena sinar matahari. Namun sayangnya, banyak orang yang masih kekurangan asupan vitamin D.

Sebagian besar penyebabnya, karena orang menghabiskan lebih banyak waktu di dalam ruangan, dan mengonsumsi sumber makanan yang rendah akan vitamin D. Dilansir dari Healthline, berikut ini adalah sumber makanan yang tinggi akan vitamin D:
 

1. Salmon


Salmon adalah ikan berlemak yang populer dan sumber vitamin D yang bagus. Menurut United States Department of Agriculture (USDA) satu porsi salom atau ekitar 3,5 ons (100 gram) mengandung 526 IU vitamin D.  
 

2. Minyak ikan cod


Minyak hati ikan cod adalah suplemen yang cukup populer. Jika kamu tidak menyukai ikan, mengonsumsi minyak hati ikan cod bisa menjadi kunci untuk mendapatkan nutrisi tertentu yang tidak tersedia di sumber lain. Ini adalah sumber vitamin D yang sangat baik, yaitu sekitar 448 IU per satu sendok teh.
 

3. Kuning telur


Untuk kamu yang tidak suka ikan atau makanan laut, mereka bukan satu-satunya sumber vitamin D. Telur utuh adalah sumber lain yang baik, serta makanan bergizi yang luar biasa.

Meskipun sebagian besar protein dalam telur ditemukan di bagian putihnya, lemak, vitamin, dan mineral sebagian besar ditemukan di kuning telur. Satu kuning telur mengandung 37 IU vitamin D.
 

4. Jamur


Jamur juga menjadi sumber makanan nabati yang tinggi akan kandungan vitamin D. Seperti manusia, jamur dapat mensintesis vitamin ini saat terkena sinar UV.

Tak hanya itu, jamur juga menghasilkan vitamin D2, sedangkan sumber hewani menghasilkan vitamin D3. Dan meskipun vitamin D2 membantu meningkatkan kadar vitamin D dalam darah, itu mungkin tidak seefektif vitamin D3.
 

5. Susu


Susu sapi, jenis susu yang paling umum dikonsumsi, secara alami merupakan sumber yang baik dari banyak nutrisi, termasuk kalsium, fosfor, dan riboflavin. Susu biasanya mengandung sekitar 115-130 IU per cangkir (237 ml).
(FIR)