FITNESS & HEALTH

5 Manfaat Melakukan Vaksin Flu yang Perlu Kamu Ketahui

Raka Lestari
Jumat 26 November 2021 / 19:14
Jakarta: Vaksin flu memang belum menjadi sesuatu yang umum dilakukan di Indonesia. Pada umumnya, vaksin flu dilakukan setiap 1 tahun sekali.

Memang, mendapatkan vaksin flu ini bisa memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Pada masa pandemi covid-19 seperti sekarang, vaksin flu ini meskipun tidak bisa mencegah covid-19 tapi bisa mencegah flu (influenza) yang bisa memperburuk covid-19.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), berikut ini adalah manfaat dari vaksin flu:
 

1. Dapat mencegah penyakit flu (influenza)


Sesuai dengan namanya, vaksin flu bisa mencegah berbagai penyakit yang berkaitan dengan flu. Misalnya, selama 2019-2020 vaksinasi flu mencegah sekitar 7,5 juta penyakit influenza, 3,7 juta kunjungan medis terkait influenza, 105.000 rawat inap terkait influenza, dan 6.300 kematian terkait influenza. Selama musim flu, vaksinasi bisa mengurangi risiko perburukan sebesar 40-60 persen.
 

2. Mengurangi keparahan penyakit


Berdasarkan studi pada 2021 menunjukkan bahwa di antara orang dewasa, vaksinasi flu dikaitkan dengan risiko masuk ICU 26 persen lebih rendah dan risiko kematian akibat flu 31 persen lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak divaksinasi.
 

3. Mengurangi risiko rawat inap terkait flu


Vaksinasi flu mencegah puluhan ribu rawat inap setiap tahun. Misalnya, selama pada 2019-2020 vaksinasi flu mencegah sekitar 105.000 rawat inap terkait flu. Sebuah studi pada 2018 menunjukkan bahwa dari 2012 hingga 2015, vaksinasi flu di kalangan orang dewasa mengurangi risiko dirawat di unit perawatan intensif (ICU) dengan flu sebesar 82 persen.
 

4. Pencegahan yang penting bagi orang-orang dengan kondisi kesehatan kronis tertentu


Vaksinasi flu dapat mengurangi risiko perburukan penyakit paru-paru kronis terkait flu (misalnya, penyakit paru obstruktif kronis atau PPOK) yang memerlukan rawat inap. Di antara orang-orang dengan diabetes dan penyakit PPOK, vaksinasi flu juga telah ditunjukkan terkait dengan pengurangan rawat inap karena perburukan kondisi.
 

5. Melindungi ibu hamil


Vaksinasi mengurangi risiko infeksi saluran pernapasan akut terkait flu pada orang hamil sekitar setengahnya. Berdasarkan studi pada 2018 menunjukkan bahwa mendapatkan suntikan flu mengurangi risiko orang hamil dirawat di rumah sakit karena flu.
(FIR)