FITNESS & HEALTH

Makanan yang Mampu Meredam Keinginanmu untuk Konsumsi Gula

Kumara Anggita
Selasa 23 Februari 2021 / 11:55
Jakarta: Ngidam makan sesuatu yang manis atau bergula bukanlah pengalaman yang mengasyikkan. Kamu merasakan dorongan yang kuat untuk makan sesuatu yang manis dan dapat merasa sulit untuk mengontrol diri sendiri di sekitar makanan. Hal ini alhasil dapat membuatmu makan berlebihan atau mengonsumsi kalori secara berlebihan, terkadang secara teratur

Untungnya, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk mengontrol perasaan itu. Seperti dilansir Healthline, ketika kamu ingin makan manis, cobalah untuk menggantinya dengan makanan lain seperti:
 

1. Buah


Sumber menunjukkan, ketika kebanyakan orang merasakan mengidam gula, mereka meraih makanan tinggi lemak dan tinggi gula seperti coklat. Menukar junk food dengan beberapa buah dalam keadaan ini sesungguhnya dapat menghentikan keinginan kamu makan yang manis.

Buah secara alami manis tetapi juga mengandung banyak senyawa dan serat tumbuhan yang bermanfaat, memungkinkan kamu untuk memperbaikinya dan menjaganya tetap sehat. Untuk memastikannya tepat sasaran, makan buah yang sedikit lebih tinggi gula seperti mangga atau anggur.
 

2. Berries


Buah beri adalah pilihan yang sangat baik dan bergizi untuk menghentikan mengidam gula. Rasanya manis, tetapi kandungan seratnya yang tinggi berarti gula tersebut cukup rendah.

Selain itu, buah beri kaya akan senyawa tumbuhan dan memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang kuat. Ini berarti buah-buahan ini dapat membantu mengurangi faktor risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung dan diabetes.
 

3. Cokelat hitam


Cokelat adalah salah satu makanan yang paling sering dilaporkan orang makan ketika mereka menginginkan makanan manis. Ini terutama berlaku untuk perempuan menurut sumber.

Namun, jika kamu mendambakan cokelat, kamu dapat membuat pilihan yang lebih sehat dengan memilih cokelat hitam. Cokelat hitam adalah cokelat yang mengandung lebih dari 70% kakao. Ini juga mengandung senyawa tanaman sehat yang dikenal sebagai polifenol.


4. Yogurt


Yogurt adalah camilan sehat yang tinggi protein dan kaya kalsium. Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa yogurt bisa menjadi camilan yang baik untuk membantu mengatur nafsu makan dan mengendalikan rasa keinginan kamu untuk makan gula.

Faktanya, satu penelitian menemukan bahwa perempuan dengan berat badan sehat yang mengonsumsi yogurt Yunani berprotein tinggi untuk camilan sore hari merasa kurang lapar dan makan lebih sedikit di kemudian hari, dibandingkan dengan mereka yang memiliki camilan protein rendah atau tidak ngemil sama sekali. 
 

5. Telur


Telur adalah makanan berprotein tinggi lainnya yang dapat membantu mengendalikan nafsu makan dan keinginan kamu. Faktanya, penelitian telah menunjukkan bahwa sarapan tinggi protein seperti telur dapat mengurangi rasa lapar dan membantu orang makan lebih sedikit sepanjang hari.
(YDH)