FITNESS & HEALTH

Yang Harus Kamu Lakukan jika Orang Terdekat Mengalami Pandemic Fatigue

Raka Lestari
Jumat 22 Januari 2021 / 11:10
Jakarta: Banyak orang yang mungkin mengalami pandemic fatigue atau kelelahan yang terjadi pada masa pandemi. Jika mengalami pandemi fatigue ini, pada umumnya akan berpengaruh juga terhadap kesehatan mental. Padahal, kesehatan mental sangat diperlukan untuk menjaga sistem imunitas tubuh.

“Memang kalau kita berbicara tentang pandemic fatigue, itu adalah suatu respons yang sangat normal dan natural. Dan ini bisa terjadi pada siapapun,” ujar dr. Natalia Widiasih Raharjanti, Sp. KJ (K), MPdKed, Kepala Divisi Psikiatri Forensik/Ketua Prodi Spesialis Kedokteran Jiwa FKUI – RSCM, dalam acara diskusi BNPB beberapa waktu lalu.

Pandemic fatigue, menurut dr. Natalia, dipengaruhi dari bagaimana seseorang mempersepsikan pandemi ini. Mengingat pandemic fatigue ini bisa terjadi pada siapa saja, tentu bisa terjadi pula kepada orang-orang yang ada di sekitar kita. Dan jika itu yang terjadi, cara yang bisa kita lakukan adalah dengan memberikan support.

“Kita bisa mengenali pasangan atau orang-orang di sekeliling kita. Ketika ada yang berubah dari mereka, mungkin mereka sedang mengalami fatigue itu. Tugas kita adalah dengan menjadi tempat untuk memberikan support bagi mereka. Meskipun saat ini kita melakukan physical distancing, itu bukan jadi penghalang,” ujar dr. Natalia.

Lebih lanjut dr. Natalia menyarankan untuk kita tetap bisa memberikan support. Caranya dengan melakukan texting atau melalui telepon.

“Kalau texting, mungkin kan bisa ada salah paham, bisa memberikan support melalui telepon,” ujar dr, Natalia.

Atau jika sedang melakukan isolasi, kamu bisa mengirim mereka makanan, melakukan video call, usahakan agar mereka tetap merasa dilibatkan. Kita manusia sebagai makhluk sosial, selalu butuh untuk selalu bermakna.

"Dengan membuat kita tetap bermakna, maka kita akan tetap bersikap positif. Itu juga yang bisa membantu agar orang-orang di sekitar kita tidak merasa sendirian,” tutup dr. Natalia.
(FIR)