FITNESS & HEALTH

7 Penyakit Penyerta Ini Perparah Kondisi Pasien Covid-19

Raka Lestari
Rabu 14 Oktober 2020 / 19:18
Jakarta: Seseorang yang memiliki kondisi penyakit penyerta sebelumnya atau yang biasa disebut komorbid, memiliki risiko yang lebih parah jika terinfeksi covid-19. Hal ini tentunya menjadi perhatian tersendiri, terutama bagi mereka yang memiliki penyakit-penyakit tersebut.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), berikut ini adalah beberapa jenis penyakit yang meningkatkan risiko keparahan jika seseorang terkena covid-19:

- Kanker
- Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK)
- Kondisi jantung, seperti gagal jantung, penyakit jantung koroner, atau kardiomiopati
- Kondisi immunocompromised atau sistem kekebalan tubuh yang lemah
- Obesitas serta obesitas berat
- Memiliki kebiasaan merokok
- Diabetes tipe 2

Untuk itu, pada masa pandemi covid-19 seperti sekarang, penting sekali untuk mengatur pola makan agar sistem imuntias tubuh bsia tetap terjaga. Sistem imunitas tubuh sendiri sangat penting untuk mencegah masuknya bakteri dan virus masuk ke dalam tubuh.

“Untuk mengatur pola makan agar sistem imun terjaga, pertama adalah dengan mengenali status gizi kita. Salah satunya bisa menggunakan penghitungan indeks massa tubuh. Pada wanita, lingkar perut yang ideal pada wanita adalah 80 cm sedangkan pada pria 90 cm,” ujar dr. Lady Dhita Alfara, M.Gizi, SpGK, dokter spesialis gizi klinik.

Menurut dr. Dhita, dengan mengetahui status gizi, maka kita bisa mengetahui apa yang harus dikonsumsi, dan apa yang harus dihindari.

“Jika mengalami status gizi buruk atau obesitas, sebaiknya perlu melakukan koreksi pada kondisi tersebut terlebih dahulu. Hal ini karena gizi buruk dapat membuat sistem imun tidak bekerja maksimal, sedangkan obesitas bisa menyebabkan banyak terjadi inflamasi,” tuturnya.

“Dalam memenuhi kebutuhan gizi, perlu mendapatkan nutrisi yang adekuat. Maksudnya adalah terpenuhinya makronutrien dan mikronutrien yang diperlukan sel untuk dapat berfungsi normal. Makronutrien itu dari karbohidrat, protein, dan lemak. Sedangkan mikronutrien itu dari vitamin dan mineral,” jelas dr. Dhita.

Salah satu hal yang tidak boleh terlewati dalam menjaga pola makan untuk sistem imun yang baik adalah sayur dan buah. Sayur dan buah tidak perlu yang impor.

"Di Indonesia sayur dan buah sangat melimpah. Sayur dan buah merupakan hal yang penting karena merpakan sumber serat, vitamin, dan mineral,” tutup dr. Dhita.
(FIR)