FITNESS & HEALTH

6 Pengobatan Rumahan yang Bisa Bantu Hilangkan Sakit Tenggorokan

Kumara Anggita
Kamis 18 Maret 2021 / 09:07
Jakarta: Ketika tenggorokan sudah sakit, menelan makanan dan minuman adalah kegiatan yang ingin kamu hindari. Namun, jangan sedih dulu karena mengonsumsi beberapa makanan atau minuman justru bisa membantu penyembuhan.

Mengutip dari Medical News Today, ada beberapa pengobatan rumahan yang bisa bantu hilangkan sakit tenggorokan antara lain:
 

1. Cuka sari apel


Cuka sari apel adalah tonik kesehatan alami. Ini telah menjadi pokok dalam pengobatan tradisional selama berabad-abad. Bahan aktif utamanya, asam asetat, dan membantu melawan bakteri.

Untuk membantu meredakan sakit tenggorokan, minum secangkir air hangat yang dicampur dengan satu sendok makan cuka sari apel dan satu sendok makan madu. Jangan lupa pula untuk menghitung risikonya ya, karena kemungkinan risiko cuka sari apel termasuk kerusakan gigi dan masalah pencernaan.
 

2. Madu


Madu merupakan pemanis yang sering dipadukan orang dengan bahan alami lainnya untuk meredakan sakit tenggorokan. Orang menggunakan madu sebagai obat karena memiliki efek anti-inflamasi, antioksidan, dan antimikroba.

Madu mungkin sangat efektif jika kamu menggabungkannya dengan air hangat dan cuka sari apel atau herbal. Beberapa orang memilih menggunakan madu mentah atau madu manuka.

Namun, anak di bawah usia satu tahun harus menghindari madu. Usus mereka belum mendapatkan bakteri sehat yang dapat melawan beberapa kuman, seperti spora botulisme, yang terkadang terdapat pada madu.
 

3. Air lemon


Air lemon adalah minuman menyegarkan yang juga dapat mengurangi sakit tenggorokan yang terjadi saat pilek atau flu. Lemon mengandung vitamin C dan antioksidan kuat lainnya. Senyawa ini melawan peradangan dan mengurangi stres oksidatif, yang merupakan penanda umum penyakit.

Lemon juga meningkatkan jumlah air liur yang diproduksi tubuh, yang dapat membantu menjaga kelembapan selaput lendir. Coba gabungkan lemon dengan air hangat dan sedikit madu atau air garam untuk memaksimalkan manfaatnya.
 

4. Teh akar jahe


Jahe adalah bumbu dengan efek antibakteri dan anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan sakit tenggorokan. Beberapa penelitian laboratorium menemukan bahwa ekstrak jahe dapat membunuh beberapa bakteri dan virus penyebab penyakit pernafasan. Itu juga dapat mengurangi peradangan pada orang dengan tuberkulosis, yang merupakan penyakit paru-paru.
 

5. Minyak kelapa


Minyak kelapa adalah makanan serbaguna dengan beberapa manfaat kesehatan. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa itu dapat membantu melawan infeksi dan mengurangi peradangan di daerah yang terpapar padanya.

Batasi konsumsi minyak kelapa hingga sekitar 2 sdm (30 mililiter) per hari, karena dapat memiliki efek pencahar pada dosis yang lebih tinggi. Saat menggunakan minyak kelapa untuk pertama kalinya, mulailah dengan 1 sdt (5 ml) sekaligus untuk meminimalkan potensi efek samping.
 

6. Sup ayam


Sup ayam adalah obat flu dan sakit tenggorokan alami yang terkenal. Makanan ini juga menenangkan yang memungkinkan orang mendapatkan lebih banyak cairan saat sedang sakit.

Coba pula menambahkan bawang putih ke dalam sup. Bawang putih mengandung senyawa bioaktif yang juga dapat memberikan manfaat pada saat kamu sakit.
(FIR)