FITNESS & HEALTH

6 Manfaat Pilates, Salah Satunya Meningkatkan Mood

Raka Lestari
Kamis 15 April 2021 / 11:40
Jakarta: Pilates merupakan latihan yang berintensitas rendah dan berulang untuk membangun kekuatan serta fleksibilitas tubuh. Meskipun dikenal untuk memperkuat inti tubuh (core), ternyata manfaat dari pilates tidak hanya itu lho!

Melansir dari Bustle, berikut ini adalah beberapa manfaat dari melakukan pilates untuk tubuh:

 

Sangat serbaguna 


Entah itu untuk seorang atlet yang baru mulai melakukan olahraga, atau memulihkan cedera, ada berbagai jenis latihan dan modifikasi yang bisa dilakukan saat melakukan pilates sehingga bisa menyesuaikan dengan tujuan olahraga yang sedang dilakukan.

Menurut Amanda Jenny, seorang instruktur pilates, ada banyak gerakan pilates yang bisa disesuaikan dengan kemampuan masing-masing individu. Dan untuk melakukannya, kamu tidak memerlukan mesin atau alat tambahan.
 



Memperkuat tubuh


Kamu tidak harus selalu mengangkat beban untuk menjadi lebih kuat. “Pilates adalah latihan berbasis inti yang melibatkan otot tubuh melalui gerakan yang tepat untuk meningkatkan kekuatan dan daya tahan, tidak perlu dumbel,” kata Femi Betiku, ahli terapi fisik dan instruktur Club Pilates.


 

Memperbaiki postur tubuh


“Bonus tambahan lain dari melakukan pilates adalah memperbaiki postur tubuh,” kata Jenny. Bagian inti tubuh atau core yang lebih kuat menandakan bahwa otot-otot bagian perut bisa menahan tubuh agar tetap tegak sepanjang hari. Dengan begitu, hal ini bisa mencegah postur tubuh yang membungkuk terutama ketika work from home (WFH).


(Pilates dapat membantu menjaga postur tubuh menjadi tetap tegak dan meningkatkan stabilitas tubuh. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

Meningkatkan keseimbangan


Menurut Betiku, sama seperti otot inti yang lebih kuat yang dapat membantu menjaga postur tubuh menjadi tetap tegak, pilates juga dapat meningkatkan stabilitas tubuh. Dan inti yang lebih stabil membuat tubuh lebih stabil sekalipun berdiri pada permukaan yang tidak rata, mencegah tubuh lebih mudah tersandung, dan membuat tubuh tetap bergerak.

 

Mengurangi nyeri


“Inti dan postur tubuh yang lebih kuat dapat meringankan dan mencegah nyeri punggung,” kata Betiku. Penelitian juga menunjukkan bahwa pilates juga dapat memebantu mengatasi kondisi nyeri kronis seperti arthritis dengan meningkatkan mobilitas tubuh dan kesehatan mental.

 

Meningkatkan mood


Penelitian menunjukkan bahwa melakukan pilates secara rutin dapat mengurangi kecemasan dan depresi dan meningkatkan energi. Latihan pilates ini berfokus pada pernapasan sehingga bisa meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh dan membantu otak untuk berpikir lebih jernih. 

(yyy)