FITNESS & HEALTH

Cara Buat Teh Matcha di Rumah

Raka Lestari
Minggu 09 Mei 2021 / 17:00
Jakarta: Matcha telah populer selama berabad-abad di Jepang, yang memainkan peran utama dalam upacara minum teh tradisional. Namun, dalam beberapa dekade terakhir ini orang di seluruh dunia mulai menemukan keajaiban matcha dan menjadikannya sebagai salah satu minuman yang kaya akan antioksidan.

Teh matcha secara tradisional dibuat dengan menambahkan air panas atau hangat ke dalam mangkuk berisi bubuk matcha, lalu mencampurkannya dengan chasen atau pengocok bambu. Dan berikut ini adalah cara membuat teh matcha.
 

Pilih alat pengocok yang tepat


Menurut Asako Miyashita, ahli diet terdaftar di New York yang berasal dari Jepang, kamu bisa menggunakan sendok jika perlu tetapi menggunakan pengocok atau whisk menawarkan rasa dan konsistensi yang unik.

Beberapa whisk memiliki sedikitnya 16 dawai, tetapi 80 hingga 120 lebih umum. “Lebih banyak dawai membuat lebih mudah untuk mengocok matcha dan membuat busa,“ kata Miyashita. Jumlah dawai yang sedikit membuat lebih banyak waktu yang dibutuhkan untuk mengocok matcha.


matcha
(Berikut ini cara membuat teh matcha yang tepat. Foto: Ilustrasi/Freepik.com)
 

Perhatikan kualitas air 


Air adalah faktor penting lainnya dalam hasil matcha. Suhu merupakan hal yang paling penting. Jangan membuat matcha dengan air mendidih, dan pertimbangkan untuk menggunakan termometer untuk memeriksa suhunya terlebih dahulu. 

“Jika kamu menyeduh matcha dengan air panas dengan cepat, senyawa astringentnya akan keluar sekaligus lalu kamu akan merasakan teh matcha yang pahit,” kata Miyashita.
 

Cek suhu 


Ketika sedang menyedunya secara perlahan dengan suhu yang rendah, rasa matcha akan lebih ringan karena akan lebih banyak kandungan theanine yang akan dihasilkan. Air hangat dapat menawarkan beberapa keuntungan dalam hal antioksidan.
 

Hal yang perlu diingat


Untuk mendapatkan rasa matcha yang lebih enak, Miyashita menyarankan untuk memasukkan setengah hingga satu sendok teh matcha ke dalam cangkir dan tambahkan sedikit air panas (bukan air mendidih). 

Aduk rata dengan sendok untuk menghilangkan gumpalan matcha. Jika kamu memiliki pengocok bambu, campurkan matcha hingga berbusa. Selamat mencoba ya!

(TIN)