FITNESS & HEALTH

3 Hal yang Perlu Diingat bila Diet Makan Sekali Sehari

Kumara Anggita
Sabtu 10 Oktober 2020 / 12:05
Jakarta: Beberapa orang mencoba untuk mengurangi konsumsi kalori harian dengan hanya makan sekali sehari. Ini disebut dengan One Meal a Day Diet (kadang-kadang disebut OMAD).

Namun, perlu diingat bahwa menerapkan cara makan seperti ini bisa memberikan banyak risiko. Karena itu, perlu untuk konsultasi pada dokter terlebih dahulu.

Seperti dilansir Healthline, berikut beberapa hal yang perlu menjadi bahan pertimbangan saat mencoba diet ini antara lain: 

Pilih-pilih makan

Salah satu alasan mengapa orang suka dengan konsep makan seperti ini karena mereka bisa makan apapun dalam jumlah yang banyak. Namun perlu diingat bahwa tubuh membutuhkan nutrisi yang seimbang.

Jadi carilah makan makanan yang sehat yang kaya akan mikronutrien demi kesehatan Anda.

Jangan barengi dengan olahraga berat

Seorang yang mengikuti diet ini mengungkapkan bahwa ada baiknya untuk menghindari olahraga berat seperti angkat beban. Ini karena olahraga berat membakar banyak tenaga yang mungkin tak terbayar dari konsumsi harian Anda. Lakukanlah olahraga-olahraga ringan saja.

Siapkan mental Anda

Makan sekali sehari adalah hal yang tidak mudah. Anda akan merasa lapar di sinang hari. Untuk itu dibutuhkan mental dan niat yang kuat agar ini tidak gagal di tengah-tengah.
(YDH)