FITNESS & HEALTH

6 Manfaat Daun Sirih, Salah Satunya Membantu Menurunkan Berat Badan

Raka Lestari
Kamis 08 April 2021 / 10:10
Jakarta: Daun sirih memang terkenal akan berbagai manfaatnya untuk kesehatan. Biasanya daun sirih akan direbus dengan air, kemudian air rebusan daun sirih tersebut diminum.

Selain dikonsumsi secara langsung, daun sirih juga sering dijadikan bahan tambahan dalam berbagai produk perawatan kewanitaan. Berikut enam manfaat dari daun sirih seperti dilansir The Health Site:
 

1. Menurunkan berat badan


Salah satu manfaat lain dari daun sirih adalah dapat membantu dalam menurunkan berat badan. Daun sirih memiliki khasiat karminatif yang sangat kuat dan membantu pencernaan yang baik.
 

2. Mempercepat metabolisme


Satu studi menemukan bahwa dengan mengunyah daun sirih dapat mempercepat metabolisme. Selain itu juga dapat membantu mencegah keasaman dengan meningkatkan jumlah lendir di perut, dan melindungi lapisan lambung dari efek buruk asam lambung.
 

3. Memberi sinyal pada perut


Selain itu, daun sirih akan mulai bekerja pada pencernaan segera setelah kamu mengunyahnya. Sebab daun sirih meningkatkan produksi air liur di mulut dan memberi sinyal pada perut untuk bersiap-siap mencerna makanan yang telah dimakan.
 

4. Mengeluarkan racun dari perut


Daun sirih juga membantu mengeluarkan racun dari perut dan dapat membantu meredakan sembelit (karena kandungan seratnya yang tinggi). Selain itu, menurut pengobatan Ayurveda, daun sirih membantu mengurangi medha dhatu (atau lemak tubuh) dalam tubuh, sehingga dapat mempercepat proses penurunan berat badan.
 

5. Mengandung fitnutrien dan pipperin


Daun sirih sendiri mengandung fitonutrien dan pipperin, yang membantu memecah lemak dan asimilasi yang tepat dari semua nutrisi dalam makanan yang dimakan. Selain itu, kandungan pipperin pada daun sirih dapat membantu melancarkan pencernaan.

Cara kerjanya adalah dengan merangsang indera perasa untuk memberi sinyal pada perut untuk menghasilkan lebih banyak asam klorida, yang membantu mencerna protein dan makanan lain di perut. Jika makanan dibiarkan tidak tercerna di perut, maka cenderung menyebabkan perut kembung, gangguan pencernaan, diare, sembelit dan keasaman.
 

6. Meningkatkan produksi keringat


Selain itu, mengonsumsi daun sirih juga dapat meningkatkan produksi keringat dan buang air kecil, yang merupakan cara terbaik untuk membuang kelebihan air dan racun dari tubuh.
(FIR)