FITNESS & HEALTH

Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin B12 dan Cara Mengatasinya

Kumara Anggita
Selasa 05 Januari 2021 / 15:59
Jakarta: Vitamin B12 adalah satu dari banyak vitamin yang diperlukan oleh tubuh. Bila kamu kekurangan vitamin ini, bisa jadi kamu bisa merasakan tubuh kamu salah satunya mengalami anemia.

Dikutip dari WebMD, orang yang kemungkinan kekurangan vitamin B12 adalah orang yang memiliki Gastritis atrofi, di mana lapisan perut kamu menipis. Atau Anemia pernisiosa, yang membuat tubuh kamu sulit menyerap vitamin B12.

Bisa juga kondisi yang memengaruhi usus kecil seperti penyakit crohn, penyakit celiac, pertumbuhan bakteri, atau parasit.

Selain itu juga terdapat gangguan sistem kekebalan, seperti penyakit graves atau lupus, dan telah minum obat tertentu yang mengganggu penyerapan B12. 

Ini termasuk beberapa obat sakit mag termasuk penghambat pompa proton (PPI) seperti esomeprazole (Nexium), lansoprazole (Prevacid), omeprazole (Prilosec OTC) dan lainnya.

Kamu juga bisa kekurangan vitamin B12 jika kamu mengikuti pola makan vegan (artinya kamu tidak makan produk hewani apa pun, termasuk daging, susu, keju, dan telur) atau kamu seorang vegetarian yang tidak cukup makan telur atau produk susu untuk memenuhi kebutuhan vitamin B12. 
 

Tanda kamu kekurangan vitamin B12


Jika kamu kekurangan vitamin B12, kamu bisa menjadi anemia. Kekurangan ringan mungkin tidak menimbulkan gejala. Tetapi jika tidak diobati dapat menyebabkan gejala seperti:

- Lemas, kelelahan, atau pusing

- Jantung berdebar-debar dan sesak napas

- Kulit pucat

- Sembelit, diare, kehilangan nafsu makan, atau gas

- Masalah saraf seperti mati rasa atau kesemutan, kelemahan otot, dan masalah berjalan

- Kehilangan penglihatan

- Masalah mental seperti depresi, kehilangan ingatan, atau perubahan perilaku
 

Cara mengatasi masalah kekurangan vitamin B12


Jika kamu menderita anemia pernisiosa atau kesulitan menyerap vitamin B12, kamu perlu segera mendapatkan vitamin ini. Ini bisa didapatkan melalui suntikan, meminum suplemen dosis tinggi.

Jika kamu tidak makan produk hewani, kamu tetap punya pilihan. Kamu dapat mengubah pola makan dengan memasukkan biji-bijian yang diperkaya vitamin B12, suplemen atau suntikan B12, atau vitamin B12 oral dosis tinggi jika kamu kekurangan. Konsultasikan dengan dokter jika kondisi tak membaik.
(TIN)