FITNESS & HEALTH

Mengapa Makan yang Manis-manis Bikin Kamu Lebih Happy?

Kumara Anggita
Jumat 19 Februari 2021 / 08:12
Jakarta: Dalam keadaan tidak nyaman, beberapa dari kita mungkin cenderung mencari makanan yang manis seperti cokelat. kue, biskuit dan lain-lain. Kira-kira apakah benar makanan manis ini bisa membuat perasaan jadi lebih senang?

Dikutip dari Health, jawabannya iya! Sebab makanan-makanan tertentu diasosiasikan dengan perasaan senang.

"Mengidam seperti ini datang dari pola yang sudah lama ada," kata Susan Bowerman, RD, asisten direktur Pusat Nutrisi Manusia UCLA.

“Seperti kenangan saat kita masih kecil dan dihibur dengan kue atau diberi hadiah karena berhasil baik dengan es krim,” paparnya.

Rasa, tekstur, dan aroma yang memanggil kenangan pribadi yang positif ini, semuanya memiliki kemampuan untuk membuat kita tersenyum, dan camilan manis terutama cokelat adalah pemicu utama kebahagiaan.
 

Sisi negatif makan atau minum manis saat lagi sedih


Tapi ingat! Terlalu memuaskan keinginanmu terhadap sesuatu yang manis di masa-masa sedih bisa menjadi bumerang. Coba kamu tengok nih, studi baru dari Harvard Medical School.

Studi itu menunjukkan bahwa makan makanan tinggi glisemik, seperti cokelat, yang meningkatkan gula darah kamu dapat menyebabkan keinginan ngemil yang kuat beberapa jam kemudian.

Para peneliti di Universitas Yale juga mendemonstrasikan dengan pemindaian MRI bahwa sirkuit ‘reward’ muncul pada perempuan yang melihat gambar milkshake. Hal serupa juga terjadi pada pecandu yang mendambakan obat-obatan atau alkohol. Jadi singkatnya, hal-hal manis ini bisa memberikan dampak adiksi
 

Solusi tidak kecanduan gula


Bowerman mengungkapkan, agar bisa mengonsumsi makanan manis tanpa terjebak dalam siklus ini, pilihlah camilan harum dengan banyak rasa tetapi lebih sedikit gula. Ditambah serat atau protein untuk memperlambat pencernaan untuk daya tahan maksimum.

Cobalah semangkuk stroberi yang dicelupkan ke dalam dua kotak cokelat hitam leleh, secangkir yogurt rendah lemak dengan satu sendok makan madu atau teh berbumbu kayu manis dengan susu skim. Hmm, menarik dicoba ya Teman Gaya!
(FIR)