FITNESS & HEALTH

Apakah Perubahan Cuaca Memengaruhi Covid-19?

Yatin Suleha
Sabtu 21 November 2020 / 16:23
Jakarta: Berbagai mitos mewarnai isu kesehatan dalam pandemi covid-19. Salah satunya adalah soal perubahan cuaca. Seperti kita ketahui Indonesia memiliki dua musim yaitu hujan dan kemarau.

Saat bulan November seperti sekarang ini yang lebih sering terjadi hujan dan udara dingin, apakah virus covid-19 juga akan memengaruhi pada manusia?

Dr Sylvie Briand, Direktur Departemen Penyakit Pandemi dan Epidemi di Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa baik di negara dengan iklim panas atau dingin juga sama-sama memiliki pandemi ini.

"Jadi, cuaca tidak berpengaruh signifikan pada transmisi covid-19," terang perempuan yang pernah memimpin Program Influenza Global selama pandemi flu babi 2009 ini.

Lebih lanjut ia katakan, bahwa ada beberapa kondisi yang spesifik yang memengaruhi transmisi covid-19 ini.

"Contohnya jika kamu sedang berada lama dalam sebuah kumpulan orang dengan jarak yang dekat serta ventilasi yang tertutup, akan ada risiko transmisi covid-19 yang lebih tinggi," paparnya seperti dilansir dari laman resmi WHO.

Dan menurut Briand ini yang terjadi di suhu dingin (salju jika di luar negeri atau saat hujan di negara tropis seperti di Indonesia), kata Briand orang cenderung untuk berada di dalam ruangan. 

Penting menurut banyak pakar untuk selalu mengingat menjaga jarak aman sekitar 1,8 meter atau dua meter serta jangan bosan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, dan memakai masker yang merupakan langkah protokol kesehatan 3M.

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 berulang kali menekankan pentingnya peran masyarakat dalam mencegah penyebaran pandemi virus korona lewat disiplin protokol kesehatan. Disiplin memakai masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan atau 3M menjadi kunci memutus mata rantai penyebaran virus covid-19.

Pemerintah melalui #satgascovid19 tak bosan-bosannya mengampanyekan #ingatpesanibu. Jangan lupa selalu menerapkan 3M, yakni #pakaimasker, #jagajarak dan #jagajarakhindarikerumunan, serta #cucitangandan #cucitanganpakaisabun.
(TIN)