FITNESS & HEALTH

Kurang Tidur hingga Dehidrasi, Ini 5 Penyebab Mata Bengkak Menurut Ahli

Medcom
Rabu 29 Juni 2022 / 08:00
Jakarta: Meskipun tidak membahayakan, mata bengkak merupakan kondisi umum yang menyebabkan pembengkakan di sekitar mata. Menurut Elyse M. Love, MD, dokter kulit di New York, mata bengkak biasanya muncul sebagai pembengkakan ringan pada kelopak mata atas dan bawah. Bisa disertai atau tidak disertai mata gatal, mata berair, dan gatal pada kulit kelopak mata. 

Elyse juga menyebutkan terdapat lima penyebab mata bengkak yang kerap dialami kebanyakan orang, di antaranya: 
 

Kurang tidur 

“Ketika kurang tidur, terjadi peningkatan penumpukan cairan di pembuluh darah superfisial (yang dekat dengan kulit) yang disebut penyumbatan vena. Ini akan menyebabkan terjadinya lingkaran hitam pada sekitar mata dan pembengkakan," kata Rina Allawh, MD, FAAD, seorang dokter kulit di Montgomery Dermatology di King of Prussia, Pennsylvania. 
 

Menangis

Elyse mengatakan bahwa mata secara konsisten mengeluarkan air mata untuk melumasi diri mereka sendiri. Air mata ini biasanya dikuras untuk mencegah penumpukan di mata. 

"Menangis membanjiri drainase normal mata, sehingga kelebihan cairan diserap oleh jaringan di sekitarnya. Itulah mengapa mata akan bengkak setelah menangis terlalu lama," katanya. 


(Kurang tidur menjadi penyebab utama mata bengkak. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
 

Infeksi mata

"Infeksi kelopak mata bisa disebabkan oleh bakteri tertentu yang tumbuh berlebihan di kulit," ujar Allawh. Mengobati penyebab yang mendasari akan membantu meredakan bengkak pada kelopak mata. Jika kamu yakin infeksi mata yang menjadi penyebab pembengkakan, segeralah periksakan ke dokter mata untuk mendapatkan perawatan yang tepat.
 

Mengonsumsi garam berlebihan

Makan terlalu banyak garam juga dapat menyebabkan retensi cairan. Minum banyak air putih setelah makan asin juga bisa mengurangi bengkak. 
 

Dehidrasi 

Kamu dapat memeriksa apakah mengalami dehidrasi dengan mencubit kulit di tangan. Jika kulit yang dicubit tersebut tidak kenyal, ini berarti kulitmu kurang elastis atau turgor. Ini terjadi ketika seseorang setidaknya mengalami dehidrasi sedang, yang berarti mereka kehilangan cairan sebesar 10 persen dari berat tubuhnya.
(yyy)