FITNESS & HEALTH

4 Jenis Makanan Bumil untuk Kesehatan Janin

Raka Lestari
Rabu 05 Mei 2021 / 14:08
Jakarta: Ibu hamil perlu memastikan bahwa apa yang dikonsumsi memberikan nutrisi dan energi yang cukup bagi bayi untuk tumbuh dan berkembang dengan baik. Mereka juga perlu memastikan bahwa tubuhnya cukup sehat untuk menghadapi perubahan yang terjadi.

Untuk kehamilan yang sehat, pola makan ibu harus seimbang dan bergizi. Mulai dari keseimbangan protein, karbohidrat, dan lemak yang tepat, serta mengonsumsi berbagai macam sayuran, dan buah-buahan.

Dikutip dari Medical News, berikut ini adalah makanan yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil: 
 

1. Sayur dan buah 


Usahakan untuk mengonsumsi lima porsi buah dan sayuran per hari. Bisa dalam bentuk jus, kering, kalengan, beku, atau segar. Produk segar dan beku (jika dibekukan segera setelah dipetik) biasanya memiliki kadar vitamin dan nutrisi lain yang lebih tinggi.

Para ahli menekankan bahwa makan buah biasanya lebih baik daripada hanya minum jus karena kadar gula alami dalam jus sangat tinggi. Pertimbangkan jus sayuran seperti wortel atau wheatgrass yang kaya akan nutrisi. 
 

2. Protein 


Protein sehat biasanya bersumber dari protein hewani termasuk ikan, daging tanpa lemak, dan ayam, serta telur. Namun pada wanita hamil yang mengikuti diet vegan bisa mengonsumsi beberapa pengganti protein hewani seperti berikut: 

Quinoa yang dikenal sebagai "protein lengkap", itu mencakup semua asam amino esensial.
Tahu dan produk kedelai. Kacang-kacangan, legume, polong-polongan, biji-bijian, dan selai kacang yang juga merupakan sumber protein dan zat besi yang baik.
 

3. Serat 


Makanan dari biji-bijian, seperti roti gandum, kacang-kacangan seperti kacang polong dan lentil, buah-buahan, dan sayuran kaya akan serat. Wanita memiliki risiko lebih tinggi mengalami sembelit selama kehamilan. Dan makan banyak serat efektif dalam meminimalkan risiko itu. 

Penelitian telah menunjukkan bahwa makan banyak serat selama kehamilan mengurangi risiko atau keparahan wasir, yang juga menjadi lebih umum saat janin sedang berkembang. 
 

4. Kalsium 


Penting untuk memiliki asupan kalsium harian yang sehat. Makanan olahan susu, seperti keju, susu, dan yogurt kaya akan kalsium. Jika ibunya seorang vegan, dia harus mempertimbangkan makanan kaya kalsium seperti susu kedelai yang diperkaya kalsium dan susu yang berasal dari nabati. 

(TIN)