FITNESS & HEALTH

5 Makanan Penguat Kekebalan Tubuh di Tengah Pandemi

Kumara Anggita
Rabu 24 Februari 2021 / 18:04
Jakarta: Salah satu cara untuk mencegah tertular covid-19 adalah dengan memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Dan untuk meningkatkannya, kamu bisa mengonsumsi makanan-makanan tertentu.

Dikutip dari UC Davis Health, Ahli diet terdaftar UC Davis Health, Tiana Carey membagikan beberapa makanan yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan kamu seperti:
 

1. Vitamin A (Beta karoten)


Vitamin ini membantu kesehatan usus dan sistem pernapasan kamu. Makanan kaya vitamin A antara lain wortel, ubi jalar, bayam, brokoli, dan paprika merah.
 

2. Vitamin C


Vitamin C membantu merangsang pembentukan antibodi. Buah jeruk, stroberi, paprika merah, dan kiwi kaya akan vitamin C.
 

3. Vitamin E


Nutrisi ini mendorong netralisasi radikal bebas dengan bekerja sebagai antioksidan. Makanan penuh vitamin E termasuk minyak sayur, kacang-kacangan, biji-bijian, dan alpukat.
 

4. Seng


Ada banyak enzim yang bergantung pada seng dalam tubuh dan kekurangan seng telah dikaitkan dengan disfungsi kekebalan. Makanan kaya seng termasuk kacang-kacangan, biji-bijian, kacang-kacangan, daging, unggas, dan makanan laut.
 

5. Protein


Asam amino spesifik yang ditemukan dalam protein sangat penting untuk fungsi sel-T, yaitu sel yang melindungi tubuh dari patogen. Daging, unggas, makanan laut, telur, kacang-kacangan, dan biji-bijian semuanya memiliki banyak protein.

Nutrisi yang disebutkan di atas telah terbukti membantu sistem kekebalan kamu bekerja paling efisien dan efektif dan konsumsi nutrisi ini dalam jumlah sedang dan jangan berlebihan ya! Jangan lupa juga untuk melakukan olahraga secara seimbang dan tak berlebihan untuk menambah kesehatan kamu.

(TIN)