FITNESS & HEALTH

7 Ide Bantu Kamu Banyak Berjalan

Kumara Anggita
Minggu 16 Mei 2021 / 13:00
Jakarta: Melakukan aktivitas fisik adalah keharusan untuk membuat tubuhmu sehat dan bugar. Namun terkadang ini sulit dilakukan karena jadwal yang padat dan kemalasan yang sulit dikalahkan.

Karena itu, kamu perlu mencari aktivitas fisik yang paling cocok denganmu. Salah satu rekomendasi yang bisa kamu ikuti adalah berjalan. Kamu bisa menetapkan jumlah langkah tertentu, bisa 5000, 8000, atau 10.000 atau bahkan lebih.

Dikutip dari Mayo Clinic, berjalan kaki untuk aktivitas rutin dapat membantu mengurangi risiko masalah kesehatan umum seperti penyakit jantung, kegemukan, diabetes, tekanan darah tinggi, dan depresi. Bila kamu bingung menambahkan langkahmu seperti apa. Ada beberapa ide nih yang bisa dicoba seperti:
 

1. Membawa hewan peliharaan berjalan-jalan


Membawa anjing atau hewan peliharaan lain jalan-jalan adalah aktivitas yang tampak sederhana namun ternyata sudah membuatmu banyak melangkah. Jika kamu tidak memiliki anjing, kamu bisa berjalan sendiri di waktu kosongmu kok. 


jalan kaki
(Gunakan musik sambil menemani kamu berjalan-jalan biar enggak bosan ya. Foto: Ilustrasi/Freepik.com)
 

2. Pakai musik


Lagu yang ramai atau sesuatu dengan ketukan yang kuat dapat membuat aktivitas lebih menyenangkan dan membantu memotivasi kamu untuk berjalan lebih jauh atau lebih cepat.
 

3. Sertakan keluarga


Daripada gabut di sore hari, pergilah berjalan-jalan atau berjalan kaki bersama keluarga. Sambil mengobrol, berjalan jadi tidak terasa.
 

4. Jalan sambil menunggu


Kamu bisa berjalan-jalan saat kamu seharusnya duduk menunggu. 
 

5. Jadwalkan jalan-jalan di hari kerja


Letakkan pengingat di kalender kamu untuk istirahat berjalan kaki singkat guna meningkatkan energi kamu sepanjang hari. 
 

6. Parkirlah lebih jauh


Pilih tempat parkir yang jauh dari pintu masuk. Jika kamu naik bus, turunlah di tempat tertentu dan lanjutkan berjalan.
 

7. Gunakan tangga


Bahkan menuruni tangga dihitung sebagai langkah dan membakar kalori juga lho. Tetapkan tujuanmu. Dengan niat pasti jumlah langkah yang kamu inginkan akan tercapai.

(TIN)