FITNESS & HEALTH

Menyegarkan, 5 Minuman Ini Bisa Bantu Redakan Asam Lambung

Raka Lestari
Rabu 01 Desember 2021 / 15:24
Jakarta: Asam lambung adalah suatu kondisi ketika isi lambung naik ke kerongkongan, menyebabkan sensasi terbakar di saluran makanan. Jika seseorang mengalami gejala asam lambung lebih sering, maka itu bisa karena kondisi yang disebut penyakit gastroesophageal reflux (GERD) atau heartburn.

Diet memainkan peran penting dalam mencegah asam lambung komplikasinya. Sweedal Trinidade, ahli gizi senior di P.D. di Hinduja Hospital menyarankan beberapa minuman terbaik yang dapat bekerja sebagai obat yang efektif untuk asam lambung:
 

1. Air kelapa


Asam lambung seringkali membuat kerongkongan seperti terbakar. Pada situasi seperti ini, kamu akan mencari minuman yang bisa mendinginkan.

Salah satunya adalah air kelapa. Air kelapa kaya akan karbohidrat dan elektrolit seperti natrium, kalium dan magnesium. Ini adalah minuman yang sempurna untuk rehidrasi yang meninggalkan efek pendinginan. Kandungan kalium air kelapa (7mEq dalam 100ml) cukup baik untuk menyeimbangkan pH lambung.
 

2. Smoothies


Terdiri dari sayuran, buah-buahan, dan terkadang oat, smoothies adalah minuman yang sarat dengan serat. Asupan serat yang tinggi memiliki nilai rasa kenyang yang lebih tinggi sehingga kamu tidak makan berlebihan.

Makan dengan porsi yang tidak berlebihan, dapat menghindari kita dari terkena asam lambung. Kamu bisa membuat smoothies kesukaanmu dengan bahan-bahan yang ada di rumah dan langsung meminumnya ketika asam lambung sedang naik.
 

3. Jus sayuran


Sayuran berada dalam kisaran pH basa tetapi bila digabungkan dengan kandungan air yang memiliki pH tinggi dapat mengurangi kemungkinan untuk terjadinya asam lambung. Beberapa pilihan terbaik adalah jus lemon dengan mint dan jus seledri atau jus timun yang menyegarkan.
 

4. Air lemon


Secara umum diyakini bahwa buah jeruk bersifat asam dan dapat memperburuk kondisi seseorang dengan asam lambung. Namun, beberapa tetes lemon dalam air hangat dengan madu dapat membantu pencernaan dan mengurangi kemungkinan asam lambung serta bersifat basa dibandingkan dengan pH lambung.
 

5. Probiotik


Bakteri baik pada usus dapat meningkatkan kesehatan saluran pencernaan dan mencegah terjadinya asam lambung. Salah satu manfaat probiotik, dapat mendukung bakteri sehat di usus. Salah satu minuman yang terkenal akan kandungan probiotik adalah yogurt. Namun, usahakan pilih yogurt tanpa perasa tambahan.
(FIR)