FITNESS & HEALTH

Makanan yang Baik Dikonsumsi oleh Pasien Penyakit Jantung

Raka Lestari
Rabu 24 November 2021 / 20:25
Jakarta: Penyakit jantung dikenal memang bisa sangat berbahaya, bahkan bisa menyebabkan kematian. Meskipun demikian, bukan berarti mereka yang memiliki diagnosis dengan penyakit jantung tidak bisa memiliki umur yang panjang dan kehidupan yang sehat.

Dengan olahraga yang cukup, diet yang tepat, dan perawatan medis rutin, pasien dapat mengelola penyakit jantung dan berpotensi mengurangi risiko kejadian kesehatan yang merugikan di kemudian.

Dikutip dari Eat This, berikut ini adalah makanan yang baik untuk pasien penyakit jantung:
 

Oatmeal


Oatmeal sering menjadi pilihan yang mudah ketika ingin sarapan yang sehat dan mengenyangkan. Amy Goodrich, MS, RD, pemilik Leading Edge Nutrition, LLC, mengatakan bahwa oat adalah pilihan tepat bagi pasien penyakit jantung.

"Oat adalah gandum utuh dan sumber serat yang baik. Serat larut dalam gandum membantu mengurangi penyerapan LDL atau kolesterol jahat dalam aliran darah," kata Goodrich.


makanan penyakit jantung
(Kacang-kacangan seperti kacang almond baik dikonsumsi sebagai makanan untuk sehatkan jantung. Kacang almond terbukti sanggup menawarkan kandungan sterol, serat, dan lemak sehat yang berguna untuk menyehatkan jantung. Foto: Ilustrasi/Pexels.com) 
 

Kacang-kacangan


Meskipun kacang mungkin tinggi lemak, para ahli mengatakan bahwa kacang masih aman dikonsumsi, sekalipun bagi mereka yang punya penyakit jantung. "Kacang adalah sumber antioksidan, lemak sehat, dan serat.

Mengonsumsi beberapa porsi per minggu menurunkan kolesterol dan mengurangi peradangan dalam tubuh," kata Tina Marinaccio, MS, RD, CPT, pendiri Health Dynamics, LLC.

Namun, Marinaccio merekomendasikan untuk tidak mengonsumsinya berlebihan. "Karena kandungan lemaknya, kacang-kacangan tinggi kalori, jadi pastikan untuk mengukur porsinya," jelasnya.
 

Ikan berlemak


Goodrich mengatakan bahwa memasukkan ikan berlemak ke dalam diet sehari-hari dapat menjadi cara yang bagus untuk meningkatkan kesehatan kardiovaskular.

"Ikan berlemak seperti salmon dan tuna adalah sumber asam lemak omega-3 yang sangat baik. Makan ikan dua kali seminggu dapat membantu menurunkan trigliserida, tekanan darah, dan kolesterol total di mana semuanya merupakan penanda penyakit jantung," tutur Goodrich.
 

Buah berry


Makanan penutup tidak harus dihilangkan bagi pasien penyakit jantung, tetapi harus bijaksana dalam melakukan pemilihannya. Itu sebabnya Colleen Christensen, RD, pendiri Colleen Christensen Nutrition, merekomendasikan untuk menambahkan buah beri ke dalam diet sehari-hari.

"Buah berry adalah sumber antioksidan pelindung dan fitokimia yang berhubungan dengan kesehatan jantung," jelas Christensen.
 

Kacang kedelai utuh


Laura Yautz, RDN, LDN, NBC-HWC, seorang ahli diet mengatakan bahwa menambahkan beberapa produk kedelai yang belum diproses ke dalam rencana makanan dapat menjadi pilihan yang bagus untuk orang dengan penyakit jantung.

"Kedelai yang tidak diproses tinggi protein, serat, lemak sehat, dan antioksidan yang dapat membantu menurunkan tekanan darah, kolesterol, trigliserida, dan peradangan," jelas Yautz.
(TIN)