FITNESS & HEALTH

5 Sarapan Terbaik untuk Menurunkan Tekanan Darah

Mia Vale
Minggu 21 November 2021 / 12:00
Jakarta: Mempertahankan tekanan darah normal itu sangat penting. Kareaa, bila kamu memiliki hipertensi, akan berisiko terkena stroke dan penyakit jantung.

Nah, salah satu cara untuk menekan naiknya tekanan darah, kamu bisa melakukan diet rendah sodium yang kaya kalsium, magnesium, dan potasium. Salah satunya adalah dengan sarapan yang sehat dan bergizi.

Sarapan yang tepat dapat membantu mengontrol angka tekanan darah dan meningkatkan aliran energi kamu. Berikut beberapa pilihan makanan sehat yang bisa kamu konsumsi kala sarapan agar tekanan darah tidak tinggi. Dan tentu saja tanpa minum obat.
 

1. Oatmeal


Makanan ini tinggi serat dan rendah sodium. Saat dinikmati dengan susu rendah lemak, sarapan ini awal yang sempurna untuk bagi siapa saja yang memiliki tekanan darah tinggi. Coba tambahkan kayu manis atau kacang untuk rasa yang lebih kaya, tetapi hindari menambahkan terlalu banyak mentega atau krim. 


sarapan untuk turunkan tekanan darah
(Selain enak, smoothies juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi lemak dalam tubuh, membuang racun, meningkatkan kualitas tidur, dan meningkatkan kesehatan pencernaan. Foto: Ilustrasi/Pexels.com) 
 

2. Smootihies


Jika ingin memasukkan buah dan sayuran ke dalam sarapan, kamu bisa menyiapkan smoothies yang disiapkan dengan benar dan porsi yang tepat. Hal ini tentu akan membantu menurunkan tekanan darah. Dan bila ingin menambahkan susu di dalamnya, kamu bisa menggunakan susu rendah lemak.
 

3. Telur 


Tinggi akan protein dan salah satu pilihan sarapan yang lebih populer. Sementara kuning telur dikenal tinggi kolesterol. Namun penelitian terbaru menemukan bahwa ada beberapa nutrisi dalam kuning telur yang memiliki manfaat kesehatan

Cobalah makan satu telur utuh atau dua putih telur sebagai bagian dari sarapan sehat jantung. Orak-arik putih telur dan sajikan dengan sayuran untuk suguhan yang lezat dan memuaskan. 
 

4. Roti gandum utuh


Seperti dilansir dari Iora Primary Care, sarapan gandum utuh merupakan sumber nutrisi sehat seperti potasium dan serat yang terkait dengan penurunan tekanan darah
 

5. Susu rendah lemak 


Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi produk susu rendah lemak dapat menyebabkan tekanan darah rendah. Susu dikemas dengan nutrisi penting, termasuk kalsium, vitamin D, dan nutrisi lain yang memiliki efek menguntungkan pada tekanan darah. 

Jika ingin memelajari lebih lanjut tentang makanan terbaik untuk menurunkan tekanan darah, bicarakanlah dengan dokter kamu. Ingat, pastikan untuk tetap terhidrasi dengan minum air putih sepanjang hari! 

(TIN)