FITNESS & HEALTH

5 Manfaat Bangun Pagi untuk Kesehatan Mental

A. Firdaus
Rabu 02 Juni 2021 / 17:26
Jakarta: Memulai hari dengan rutinitas pagi memiliki peran penting untuk menjaga pikiranmu lebih tenang sepanjang hari. Bangun lebih awal, dan meluangkan waktu untuk melakukan beberapa rutinitas baik, akan berdampak pada kemampuan kita menguasai sisa hari.

Sebuah penelitian pada 2018 menemukan bahwa, populasi yang terbiasa bangun dan mulai aktivitas di pagi hari terbukti lebih sehat secara mental. Selain itu ada beberapa manfaat yang didapat bagi siapa saja yang bangun pagi. Di antaranya:
 

1. Mindset lebih positif


Bangun pagi bisa membuat pikiran seseorang lebih positif. Sehingga bisa menjalani hari lebih optimis.

"Membiasakan diri untuk bangun pagi memberikan kita waktu untuk mengawali hari dengan lebih tenang dan memiliki kesempatan lebih banyak untuk merencanakan hari serta memulai hari dengan lebih baik," ucap Psikolog dan Co-founder dari TigaGenerasi, Saskhya Aulia.
 

2. Manajemen emosi lebih baik


Orang yang bangun pagi ternyata mampu mengontrol emosi lebih baik. Kemudian kontrol emosi bersosialisasi dengan orang lain juga lebih asertif ketimbang bangun tidur yang lebih siang.
 

3. Sehat mental dan fisik


Sebuah penelitian yang melibatkan 700 ribu orang dikomposisi gen ditemukan bahwa, bangun pagi lebih sehat secara mental dan selain fisik. Sehingga risiko untuk dia terkena depresi dan stres lebih rendah.


Psikolog dan Co-founder dari TigaGenerasi, Saskhya Aulia. (Foto: Dok FFI)
 

4. Mengurangi kecemasan


Di tengah situasi yang penuh ketidakpastian dan menuntut banyak perubahaan seperti saat ini, memiliki rutinitas pagi yang baik dan sehat akan berpengaruh pada kesiapan kita menjalani hari dan mengurangi berbagai kecemasan.
 

5. Lebih produktif


Dengan bangun pagi setiap hari, kamu bisa tenang dan lebih luang mendapatkan waktu untuk melakukan aktivitas berolahraga.

"Memulai hari dengan rutinitas baik seperti berolahraga, berdoa atau meditasi, juga mengonsumsi sarapan bergizi yang mudah dicerna, akan mendukung kesiapan dan ketenangan bukan hanya secara fisik, tapi juga emosional," jelas Saskhya dalam E-Talkshow Frisian Flag Indonesia memperingati Hari Susu Sedunia dan Hari Susu Nusantara.

"Inilah mengapa, banyak penelitian yang menjelaskan bahwa orang-orang dengan rutinitas pagi yang baik dan sehat, cenderung lebih produktif dan memiliki emosi yang lebih positif dalam menjalani kehidupan mereka," pungkasnya.
(FIR)