FITNESS & HEALTH

5 Asupan yang Baik untuk Kesehatan Paru-paru

Raka Lestari
Selasa 27 Juli 2021 / 16:48
Jakarta: Menjaga kesehatan paru-paru merupakan salah satu hal yang penting untuk kesejahteraan tubuh. Namun sayangnya, berbagai faktor dapat menyebabkan kesehatan paru-paru tergganggu.

Mulai dari polusi, debu, hingga paparan asap rokok bisa mengganggu kesehatan paru-paru. Dan berikut ini adalah makanan yang bisa dikonsumsi untuk menjaga kesehatan paru-paru:
 

1. Tomat


Tomat dan produk tomat lainnya menjadi salah satu sumber makanan terkaya likopen,- antioksidan karotenoid yang telah dikaitkan dengan peningkatan kesehatan paru-paru. Mengonsumsi produk tomat telah terbukti mengurangi peradangan saluran napas pada penderita asma dan meningkatkan fungsi paru-paru pada penderita PPOK.
 

2. Blueberry


Blueberry sarat dengan nutrisi, dan konsumsinya telah dikaitkan dengan sejumlah manfaat kesehatan, termasuk melindungi dan melestarikan fungsi paru-paru. Blueberry merupakan sumber yang kaya akan antosianin, termasuk malvidin, cyanidin, peonidin, delphinidin, dan petunidin. Antosianin adalah pigmen kuat yang telah terbukti melindungi jaringan paru-paru dari kerusakan oksidatif.
 

3. Teh hijau


Teh hijau adalah minuman yang memiliki efek mengesankan pada kesehatan. Epigallocatechin gallate (EGCG) adalah katekin yang terkonsentrasi dalam teh hijau. Minuman ini memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi dan telah terbukti menghambat fibrosis atau jaringan parut.

Fibrosis paru adalah penyakit yang ditandai dengan jaringan parut progresif yang mengganggu fungsi paru-paru. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa EGCG dapat membantu mengobati penyakit ini.
 

4. Kubis merah


Kubis merah adalah sumber aantosianin yang terjangkau dan kaya nutrisi. Asupan antosianin telah dikaitkan dengan penurunan penurunan fungsi paru-paru. Terlebih lagi, kubis dikemas dengan serat.

Studi menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi lebih banyak, serat memiliki fungsi paru-paru yang lebih baik daripada mereka yang mengonsumsi serat dalam jumlah rendah.
 

5. Minyak zaitun


Mengonsumsi minyak zaitun dapat membantu melindungi kita terhadap kondisi pernapasan seperti asma. Minyak zaitun adalah sumber terkonsentrasi antioksidan anti-inflamasi, termasuk polifenol dan vitamin E, yang bertanggung jawab atas manfaat kesehatannya yang kuat.

Sebagai contoh, sebuah penelitian yang melibatkan 871 orang menemukan bahwa mereka yang memiliki asupan minyak zaitun tinggi memiliki risiko asma yang lebih rendah.
(FIR)