FITNESS & HEALTH

Ini Alasannya Teh Chamomile Efektif Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Raka Lestari
Selasa 15 Juni 2021 / 13:00
Jakarta: Melakukan ritual yang santai sebelum tidur merupakan salah satu bagian penting untuk mendapatkan tidur yang lebih baik. Banyak orang yang memilih untuk mengonsumsi secangkir teh bebas kafein sebelum tidur. Salah satunya adalah teh chamomile.

“Kandungan chamomile seperti pada teh dan minyak aromaterapi banyak digunakan untuk mengatasi insomnia dan membantu menenangkan. Mereka umumnya digunakan sebagai obat penenang dan menginduksi seseorang untuk tidur," ujar Michael Breus, PhD, seorang psikolog dan spesialis tidur bersertifikat. 

Chamomile sangat efektif untuk membuat seseorang mudah mengantuk karena struktur kimia yang ada di dalamnya. Tumbuhan ini mengandung apigenin, senyawa kimia yang menginduksi kantuk ketika berikatan dengan reseptor GABA di otak.

Reseptor GABA adalah reseptor yang sama dengan yang mengikat benzodiazepin, yang biasanya digunakan sebagai obat anti-kecemasan karena mereka memiliki efek menenangkan.


(Berus menyarankan jika ingin lebih cepat tidur sebaiknya minum satu cangkir teh chamomile sekitar 45 menit sebelumnya. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)


Demikian pula, ketika apigenin dalam chamomile berikatan dengan reseptor GABA, ia memiliki efek sedatif dan menenangkan. Itulah mengapa setelah mengonsumsi teh chamomile bisa membuat seseorang mengantuk.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa minum teh chamomile dapat membantu secara alami dalam mengatasi masalah tidur. Sebagai contoh, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Advanced Nursing pada 2015 meneliti 80 wanita dengan kualitas tidur yang buruk karena baru saja melahirkan. Dan, hasilnya menemukan bahwa partisipan yang minum teh chamomile memiliki gejala insomnia yang lebih sedikit.

Menurut Breus, kamu sebaiknya minum satu cangkir teh chamomile sekitar 45 menit sebelum tidur jika ingin lebih cepat tidur. Jeda waktu tersebut memberikan waktu yang cukup bagi tubuh untuk mencerna teh dan senyawa kimia yang ada dalam chamomile sehingga efek sedatif dari chamomile bisa dirasakan oleh tubuh.
(yyy)