FITNESS & HEALTH

Posisi Tidur yang Tepat saat Menstruasi Menurut Ahli

Raka Lestari
Selasa 21 September 2021 / 07:00
Jakarta: Ketika memasuki periode menstruasi, beberapa wanita mungkin mengalami keluhan dalam melakukan posisi tidur yang tepat. Kram pada perut membuat posisi tidur yang salah justru dapat membuat keluhan-keluhan selama menstruasi tersebut menjadi lebih parah. 

Dikutip dari Metro.co.uk, beberapa ahli menyarankan saat mentruasi sebaiknya kamu tidur dengan posisi foetal. Ini adalah posisi tidur janin bayi yaitu dengan posisi satu kaki yang ditekuk tepat di bawah perut. Ginekolog Lisa Lindley mengatakan bahwa tidur dengan posisi ini dapat mengurangi tekanan pada otot perut.

Dr. Jennifer Wider juga menyetujui bahwa posisi foetal position ini merupakan posisi yang paling baik ketika tidur di mana wanita sedang mengalami menstruasi. Ia juga mengatakan banyak wanita melaporkan bahwa tidur dengan foetal position dapat mengurangi kram perut.


(Saat menstruasi hindari posisi tidur telungkup karena bisa menyebabkan darah yang keluar mengalir lebih banyak dan cenderung menyebabkan kebocoran. Foto: Ilustrasi. Dok. Unsplash.com)


Menurutnya, ini karena tidur dengan foetal position dapat membuat otot di sekitar perut merasa santai, mengurangi tegangan dan juga mengurangi kram dan rasa sakit para perut. Menekuk kaki kamu ke perut ketika tidur juga dapat mengurangi kebocoran saat menstruasi.

Dr. Wider menambahkan ketika menstruasi, posisi tidur yang sebaiknya tidak dilakukan adalah posisi tidur telungkup yaitu di mana bagian muka dan perutmu menghadap ke kasur. 

"Tidur dengan posisi telungkup justru dapat membuat kasur menekan perut dan menekan uterus sehingga bisa menyebabkan darah yang keluar mengalir lebih banyak dan cenderung bisa menyebabkan kebocoran," pungkasnya. 

(yyy)