FITNESS & HEALTH

Jangan Konsumsi Ini jika Kamu Sedang Sakit Perut

Raka Lestari
Jumat 23 Juli 2021 / 09:58
Jakarta: Pada umumnya, sakit perut memang tidak membahayakan. Biasanya, sakit perut akan hilang dengan sendirinya.

Akan tetapi, memilih makanan yang salah ketika kamu mengalami masalah perut bisa menyebabkan nafsu makan menurun. Memilih makanan yang salah ketika mengalami masalah pada perut adalah hal yang perlu diperhatikan.

Dikutip dari Health, berikut ini adalah beberapa makanan yang sebaiknya dihindari saat kamu mengalami sakit perut:
 

Gula


"Bahan yang manis ini dapat menyebabkan tingkat insulin, sehingga memicu fluktuasi gula darah. Meskipun gula tidak mempengaruhi perut secara langsung, setidaknya bisa membuatmu merasa kecanduan yang tidak baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan," ujar Robynne Chutkan, MD, asisten profesor di divisi gastroenterologi di Georgetown University Hospital.
 

Susu


Berbagai makanan berbahan dasar susu seperti yogurt dan keju merupakan makanan yang tidak dikonsumsi ketika sedang mengalami masalah pada perut.

"Infeksi virus atau bakteri dapat memengaruhi laktase (enzim pencerna laktosa) dan dapat menyebabkan tubuh kehilangan kemampuan untuk mencerna laktosa, baik itu sementara waktu atau secara permanen," kata Dr Chutkan.
 

Soda


"Kamu sebaiknya tidak mengonsumsi soda saat mengalami masalah pada perut karena kandungan asam sitrat dan pengawet natrium benzoat di dalamnya," kata Dr Chutkan.

Bahan kimia tersebut bisa sangat keras untuk perut. Selain itu kandungan karbonasi pada soda juga bisa membuat perut menjadi kembung dan itu bisa menjadi masalah.
 

Cokelat dan kafein


Alasan utama mengapa kafein dan cokelat sebaiknya dihindari ketika sedang sakit perut adalah, keduanya dapat merelaksasi bagian bawah esophageal sphincter, yang dapat menyebabkan naiknya asam lambung.

Kafein juga dapat mencairkan kotoran, yang tidak baik jika kamu mengalami diare. Selain itu, cokelat yang memgandung produk susu atau kacang-kacangan bisa sulit dicerna bagi mereka yang memiliki intoleransi laktosa atau alergi.
 

Makanan berlemak


"Krim, daging sapi, atau keju semuanya tinggi akan kandungan lemak dan dapat memperburuk masalah perut yang dialami. Sebab makanan berlemak mengaktifkan reseptor kimia di perut untuk memperlambat pengosongan lambung sehingga membuat perut merasa kembung," ujar Dr Chutkan.

Makanan tinggi lemak lainnya seperti kacang-kacangan juga membuat perut terasa kenyang. Hal itu bagus jika kamu sedang mencoba menurunkan berat badan, tetapi tidak begitu bagus jika kamu merasa tidak enak perut.
(FIR)