FITNESS & HEALTH

Gejala dan Cara Mengatasi Seseorang yang Ingin Bunuh Diri

Sandra Odilifia
Kamis 01 Oktober 2020 / 14:30
Jakarta: Baru-baru ini aktris Jepang Takeuchi Yuko ditemukan tak bernyawa di apartemen Tokyo, Jepang. Menurut orang terdekat, Yuko meninggal bunuh diri, namun tidak ada catatan bunuh diri.

Dan tentunya, hal ini menambah daftar kasus bunuh diri yang seharusnya menjadi kewaspadaan bagi semua orang. Ada berbagai macam tanda-tanda peringatan bunuh diri, melalui apa yang penderita katakan atau lakukan.

Sebelum memburuk, sebaiknya perhatikan orang disekitar kamu yang menunjukkan perubahan perilaku, menarik diri dari pergaulan, mengeluhkan masalah-masalah berat, serta curhat dan menyatakan perpisahan kepada orang-orang terdekat.

Biasanya penderita juga membicarakan tentang kematian dan ingin pergi jauh 'selama-lamanya'. Ada pula ciri-ciri lain yang dapat kamu kenali sebagai peringatan bunuh diri, antara lain:

- Berperilaku merusak diri sendiri dan perubahan cara berpikir.
- Mood yang drastis. Perubahan itu kadang tidak disadari atau diabaikan oleh orang-orang sekitarnya.


(Berikan perhatian pada teman kamu jika ia sudah menunjukkan tanda-tanda menarik diri dari lingkungan. Foto: Unsplash.com)

Memberikan perhatian

Perbincangan tentang bunuh diri tidak seharusnya menjadi sesuatu yang tabu. Karena itu tidak memicu tindakan bunuh diri, melainkan dapat mengurangi kecemasan yang dialami seseorang dan membantunya merasa dimengerti.

Jika ada orang terdekat kamu yang menunjukkan indikasi bunuh diri, kamu harus hati-hati dalam bersikap dan merespons orang tersebut, dengarkan curhatannya dengan saksama, dan tunjukkan sikap kalau kamu peduli dengan ceritanya.

Sangat penting untuk memberikan perhatian penuh kepada teman atau kerabat yang menceritakan masalahnya, karena bisa jadi mereka memang benar-benar membutuhkan dukungan kamu.

Periksa kondisi orang terdekat kamu secara rutin, misalnya dengan menanyakan kabarnya, lalu mengajaknya untuk konsultasi dengan tenaga profesional kesehatan mental, seperti psikiater dan psikolog supaya bisa membantu menemukan solusi dan memperbaiki kondisi psikisnya.

Kemudian, jika orang terdekat kamu menunjukkan tanda ingin bunuh diri, sebaiknya benda-benda yang bisa digunakan untuk melakukan aksi itu dijauhkan dari mereka.

Kehadiran kamu mungkin terlihat sederhana tetapi itu dapat membantu penderita merasa lebih baik. Tentunya dengan rasa kepedulian yang tulus bukan hanya sekedar ingin ikut campur.

(TIN)