FITNESS & HEALTH

Ini yang Terjadi pada Tubuh Jika Berlebihan Mengonsumsi Probiotik

Raka Lestari
Kamis 08 April 2021 / 02:10
Jakarta: Probiotik terkenal memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Mulai dari kemampuannya untuk menyembuhkan berbagai gangguan kesehatan seperti masalah perut hingga masalah kulit. 

Namun, untuk mendapatkan manfaatnya, kamu harus mengonsumsi probiotik dalam jumlah yang tepat. Jangan sampai mengonsumsinya secara berlebihan karena bisa berdampak pada tubuh.

Dan berikut ini adalah gejala-gejala yang akan muncul jika kamu mengonsumsi probiotik secara berlebihan:

 

Gas berlebihan di perut


“Mengonsumsi terlalu banyak probiotik dapat menyebabkan beberapa masalah seperti gas pada perut,” ujar ahli diet terdaftar dan ahli kedokteran fungsional Alana Kessler, RDN. Seseorang mungkin mengalami gangguan gas pada perut saat pertama kali mengonsumsi probiotik di mana tubuh sedang menyesuaikan diri dengan bakteri baru, menurut penelitian 2010 di American Journal of Health-System Pharmacy.

 

Kembung


“Hal yang sama berlaku untuk perut kembung,” kata Kessler. Seperti gas, ini adalah efek samping yang umum saat kamu mulai mengonsumsi suplemen probiotik untuk pertama kali. Tetapi, jika berlangsung lebih lama dari beberapa minggu, itu bisa menjadi tanda lain bahwa probiotik menghasilkan udara ekstra, yang dapat menyebabkan kembung yang tidak nyaman.


(Seseorang mungkin mengalami gangguan gas pada perut saat pertama kali mengonsumsi probiotik. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)


Perut nyeri atau kram


“Sakit perut dapat terjadi seiring dengan gangguan gas dan perut kembung,” kata  ahli diet Chelsea McCallum. Menurutnya, hal ini biasanya akan hilang dalam beberapa minggu karena memang tubuh sedang menyesuaikan dengan probiotik. Akan tetapi, jika perut nyeri atau kram terus berlanjut maka itu bisa menjadi tanda bahwa probiotik tidak cocok dengan tubuhmu.
 


Diare


Menurut McCallum, tanda umum lainnya bahwa kamu mengonsumsi probiotik secara berlebihan adalah diare. Seperti efek samping terkait perut lainnya, diare akan mereda setelah tubuh menyesuaikan diri untuk mencoba probiotik untuk pertama kalinya.

Tetapi, jika diare terjadi secara terus-menerus maka itu bisa menjadi tanda bahwa probiotik telah membuat mikrobioma di perut tidak seimbang secara lebih dalam, yang dapat mengganggu fungsi saluran pencernaan dan memicu masalah buang air besar kronis.

(yyy)