FITNESS & HEALTH

Cara Menaikkan Mood di Masa Pandemi Covid-19

Kumara Anggita
Kamis 25 Februari 2021 / 10:02
Jakarta: Menjaga mood agar tetap stabil adalah hal yang sulit di tengah pandemi seperti sekarang ini. Meski kamu sudah melakukan hal yang biasanya membuatmu senang. Tetap saja rasa jenuh, bosan, dan sebagainya menyebabkan mood tidak juga membaik. 

Namun, kamu tak perlu khawatir karena kondisi ini menurut para ahli adalah kondisi yang wajar. 

Dikutip dari Health, Shannon O'Neill PhD, seorang terapis dan asisten profesor psikiatri di Rumah Sakit Mount Sinai, New York, menjelaskan bahwa salah satu alasan sulitnya bagi orang untuk mempertahankan rasa damai selama pandemi ini adalah karena pandemi memaksa banyak dari kita untuk benar-benar melakukan perilaku khas depresi. 

Bayangkan, orang-orang diperintahkan untuk mengisolasi diri mereka dari orang yang mereka cintai dan menghabiskan sebagian besar waktu mereka di dalam, dengan sedikit sekali kontak dengan dunia luar.

“Banyak aturan yang meniru gejala depresi," katanya. 

Dr. O'Neill kemudian memberikan beberapa tips tentang cara meningkatkan mood, antara lain:

 

Tanyakan apa yang membuat kamu bahagia sebelum pandemi ada dan lakukanlah

Menjadi sangat menantang untuk mengingat waktu sebelum semua frustasi pandemi ini dimulai, tetapi akan sangat membantu untuk mengingat kembali rutinitas normal kamu sebelum pandemi dan mempertanyakan apa yang membuat kamu bahagia. Pikirkanlah mungkin itu olahraga, ngobrol dengan teman, atau berbelanja, apapun itu lakukanlah. 

"Kedengarannya sederhana, tetapi ini adalah jenis pengobatan," tutur Dr. O'Neill. 


(Manjakan diri kamu dengan sesuatu yang menyenangkan saat kamu melakukan rutinitas pagi dengan menyeruput kopi atau teh hangat misalnya. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
 

Ingatkan diri untuk bersyukur

Berita buruk ada di mana-mana saat ini, dan jika kamu menghabiskan waktu di Internet, kemungkinan besar kamu akan menghadapi banyak laporan yang mengerikan. Tapi kamu bisa dengan sengaja mencoba menyeimbangkan skala berita positif dan negatif dalam hidup kamu. Kamu bisa mencari aplikasi di smartphonemu untuk menuliskan hal-hal apa saja yang bisa disyukuri dari hari ke hari.  

 

Manjakan diri di pagi hari

Bangun dan melakukan hal yang persis sama dari hari ke hari bisa melelahkan dan menjengkelkan, terutama di pagi hari. Cara yang baik untuk mengatasinya mungkin dengan memanjakan diri kamu dengan sesuatu yang menyenangkan saat kamu melakukan rutinitas pagi.

Dr. O'Neill merekomendasikan untuk mencoba sesuatu yang biasanya tidak kamu sukai, seperti memasak resep sarapan baru atau menambah cream pada kopi, misalnya, atau mandi seperti spa daripada bilas normal 15 menit. Dengan ini, kamu memulai hari dengan pandangan positif. Kamu juga dapat memulai hari dengan meditasi pagi.

Selamat mencoba!

(yyy)