FITNESS & HEALTH

6 Manfaat Yogurt, Salah Satunya Membuatmu Bahagia

A. Firdaus
Sabtu 20 Maret 2021 / 08:06
Jakarta: Gaya hidup sehat bisa membantu tubuhmu terbebas dari penyakit, dan bisa membuatmu berumur lebih panjang. Untuk dapat mengadopsi gaya hidup sehat, kamu perlu mencari tahu apa yang harus dikonsumsi secara teratur dan baik untuk tubuh.

Ada banyak asupan sederhana yang memiliki manfaatnya untuk tubuh, salah satunya yogurt. Yogurt merupakan olahan susu yang difermentasi menjadi asam laktat yang dikemas sederhana.

Manfaat yogurt pun tidak main-main untuk kesehatan. Berikut lima hal yang bisa kamu dapatkan saat mengonsumsi yogurt secara rutin:
 

1. Melancarkan sistem pencernaan


Yogurt merupakan makanan ringan yang mengandung probiotik yang bisa membantu fungsi sistem pencernaan dengan benar. Probiotik dalam yogurt yang difermentasi dari produk susu mengandung bakteri menguntungkan.

Kultur aktif bakteri dapat membantu merangsang sistem kekebalan tubuh, mengurangi gejala diare terkait antibiotik dan meningkatkan penyerapan laktosa. Ini mengapa penting makan yogurt untuk memperlancar pencernaanmu.
 

2. Sumber kalsium

 
Kalsium merupakan nutrisi yang penting untuk kontraksi otot, transmisi pesan melalui saraf, kesehatan tulang, gigi sehat dan pelepasan hormon. Yogurt merupakan sumber kalsium yang baik dan sangat mudah untuk memasukkannya dalam diet harianmu.
 
Isi yogurt membuatnya kaya kalsium, seperti yang dibuat oleh fermentasi susu. Selain itu, yogurt juga memiliki mineral dan vitamin penting untuk tubuh, termasuk riboflavin (vitamin B2), vitamin B12, fosfor dan kalium. Jadi, jika kamu ingin tubuhmu menjadi kuat, tambahkan yogurt ke dalam diet harianmu.
 

3. Meningkatkan kekebalan

 
Sistem kekebalan tubuh merupakan sistem struktur biologis dan proses dalam organisme yang melindungi terhadap penyakit. Jika seseorang memiliki sistem kekebalan tubuh rendah, orang itu akan memiliki kesempatan tinggi jatuh sakit.

Yogurt dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena memiliki 'bakteri baik' untuk melindungi tubuhmu dari virus yang berbahaya.
 

4. Sumber protein

 
Yogurt terbuat dari produk susu dan susu seperti diketahui kaya akan protein. Protein susu yang difermentasi akan lebih mudah dicerna saat dalam bentuk yogurt.

Tapi, kamu perlu hati-hati saat membeli yogurt, karena ada beberapa yang sudah ditambahkan perasa dan gula yang membuat jumlah kalorimu naik. Yogurt alami itu yang terbaik. Jika kamu ingin sedikit manis, kamu hanya perlu memotong buah segar dan mencampurkannya pada yoghurt untuk alternatif lain.
 

5. Menurunkan berat badan

 
Asam amino dalam yogurt bisa membantu membakar lemak. Ini mengapa memakan yogurt tidak menambah lemak dalam tubuhmu, tetapi sebaliknya. Apalagi saat kamu mengonsumsi yogurt di pagi hari, itu bisa membuatmu kenyang lebih lama.
 

6. Merasa lebih bahagia


Bagi kamu yang belum tahu, yogurt dapat membuatmu merasa lebih bahagia loh! Probiotik yang terdapat di dalam yogurt dapat meningkatkan mikroba di dalam perutmu, yang nantinya memengaruhi hormon seperti dopamin serotonin yang dapat membuatmu merasa lebih bahagia.

Nah, hari ini pada 20 Maret tentunya waktu yang pas untuk mengonsumsi yogurt. Sebab bertepatan dengan Hari Kebahagiaan Sedunia.

Hari Kebahagiaan Sedunia tercipta atas prakarsa Perserikatan Bangsa-Bangsa. Sekaligus mempromosikan gagasan bahwa kebahagiaan adalah hak asasi manusia di seluruh dunia.

Pada momen Hari Kebahagiaan Sedunia ini, Greenfields memperkenalkan empat varian baru yogurt drink. Di antaranya Original, Tropical Banana, Summer Soursop, dan Merry Berry Lychee.
(FIR)