FITNESS & HEALTH

3 Tips Efektif untuk Pelari Pemula

Sandra Odilifia
Selasa 30 Maret 2021 / 07:17
Jakarta: Apakah kamu baru-baru ini mulai berlari dan terengah-engah hanya dalam satu putaran? Tentu hal itu pasti dialami jika kamu jarang berolahraga dan berlari.

Walau begitu, berlari adalah salah satu latihan terbaik untuk meningkatkan kebugaran fisik dan mental. Berlari teratur dapat membantumu membangun tulang dan otot yang kuat, meningkatkan kebugaran kardiovaskular, mengelola tingkat stres, dan yang terpenting menurunkan berat badan.

Olahraga ini diperuntukkan bagi semua orang, karena membantu meningkatkan kekuatan tulang dan kepadatan mineral. Ini adalah latihan menahan beban dan berdampak tinggi.

Tetapi jika kamu seorang pemula dan kesulitan dengan teknik, berikut tiga tips yang dapat membantumu menerapkan kebiasaan sehat ini dengan mudah:
 

1. Perlengkapan


Berinvestasi dalam sepasang sepatu atau pakaian olahraga baru, dapat menjadi motivasi untuk mulai berlari.

Pastikan kamu membeli sepatu yang kokoh dan nyaman seperti memberikan penyangga lengkungan yang baik, dan memiliki bantalan tumit untuk meredam guncangan. Lalu kenakan pakaian yang longgar untuk memudahkan kamu bergerak atau berlari.
 

2. Pemanasan, pendingan, dan pemulihan


Pemanasan yang tepat sebelum lari dapat meningkatkan aliran darah dan mengurangi kekakuan, yang berpotensi menurunkan risiko cedera. Pemanasan bisa berupa jalan kaki atau peregangan dinamis selama lima hingga sepuluh menit.

Selain itu, pendinginan setelah lari akan membantu mengembalikan detak jantung ke normal, juga penting untuk menghindari cedera. Kamu bisa berjalan selama lima hingga sepuluh menit untuk menenangkan diri.

Kamu dapat berlari pada hari-hari yang bergantian, sehingga tubuhmu mendapatkan istirahat yang cukup dan dapat beradaptasi dengan tekanan pada sistem kardiovaskular, otot dan tulang serta mempersiapkan diri untuk lari berikutnya.
 

3. Mulailah dengan lambat


Sebagai pemula, jangan berencana untuk berlari jarak jauh sekaligus. Pertahankan lari singkat dan berjalanlah di antara interval, sehingga kamu dapat memulihkan diri.

Mulailah berlari dengan kecepatan sedang dan pertahankan kecepatan yang sama untuk keseluruhan lari. Tingkatkan waktu berlarimu selama satu menit ekstra di setiap latihan.
(FIR)