FITNESS & HEALTH

7 Manfaat Minyak Nilam Si Minyak Parfum

Mia Vale
Rabu 22 Desember 2021 / 05:30
Jakarta: Minyak nilam merupakan minyak atsiri yang berasal dari daun tanaman nilam, sejenis rempah aromatik. Untuk menghasilkan minyak nilam, daun dan batang tanaman dipanen dan dibiarkan mengering. Mereka kemudian menjalani proses distilasi untuk mengekstrak minyak esensial. 

Selain itu, banyak bukti manfaat minyak nilam bersifat anekdot, penelitian mulai menunjukkan bahwa minyak nilam memang memiliki sifat anti-inflamasi, antimikroba, dan penghilang rasa sakit.
 

Kegunaan minyak nilam 


Minyak nilam memiliki aroma khas yang dapat digambarkan sebagai kayu, manis, dan pedas. Karena itu, sering digunakan sebagai aditif aroma dalam produk seperti parfum, kosmetik, dan dupa. Sebagaimana yang sudah dikutip dari Healthline, minyak nilam memiliki berbagai kegunaan tambahan di seluruh dunia. 
 

1. Meredakan radang dan nyeri


Beberapa studi menunjukkan bahwa minyak nilam memiliki efek anti-inflamasi kuat. Terdapat tiga mekanisme berbeda yang ditimbulkan minyak nilam untuk meredakan radang dan nyeri.

Minyak nilam mengurangi pembengkakan tangan dan telinga pada sebuah studi yang dilakukan pada tikus. Minyak nilam terbukti menurunkan zat kimiawi yang memicu pembentukan sel imun penyebab inflamasi. Minyak nilam menurunkan migrasi sel imun bernama neutrofil yang menyebabkan radang.


manfaat minyak nilan
(Para peneliti memaparkan anti-inflamasi dari minyak nilam dapat mengurangi rasa sakit dalam penelitian. Foto: Ilustrasi/Pexels.com) 
 

2. Pereda sakit 


Sebuah studi 2011 menilai efek penghilang rasa sakit dari ekstrak nilam pada tikus. Para peneliti menemukan bahwa memberikan ekstrak secara oral kepada tikus mengurangi respons mereka terhadap rasa sakit dalam berbagai tes. Mereka mencatat bahwa efek penghilang rasa sakit ini mungkin terkait dengan efek anti-inflamasi nilam. 
 

3. Aplikasi kulit 


Sebuah studi tahun 2014 merawat tikus dengan minyak nilam selama dua jam dan kemudian memaparkannya pada radiasi ultraviolet, yang dapat menua dan merusak kulit. Dengan menggunakan berbagai tes, mereka menilai potensi efek perlindungan dari minyak nilam. 

Para peneliti menemukan bahwa tikus yang diobati dengan minyak nilam memiliki lebih sedikit pembentukan kerutan dan peningkatan kandungan kolagen. Penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk melihat apakah manfaat yang sama dapat diamati pada manusia. 
 

4. Untuk menurunkan berat badan 


Minyak nilam kadang-kadang terdaftar sebagai minyak esensial yang baik untuk menurunkan berat badan. Meskipun tidak ada penelitian pada manusia yang dilakukan untuk mengevaluasi hal ini, sebuah penelitian kecil pada tahun 2006 pada tikus melihat efek menghirup minyak nilam pada faktor-faktor seperti berat badan dan jumlah makanan yang dimakan. 
 

5. Aktivitas antibakteri 


Bakteri penyebab penyakit menggunakan hal-hal seperti biofilm dan faktor virulensi untuk secara efektif menjajah inang dan mengatasi pertahanannya. Sebuah studi baru-baru ini mengamati bahwa minyak nilam mampu mengganggu biofilm dan beberapa faktor virulensi dari strain Staphylococcus aureus (MRSA) yang resisten methicillin. 
 

6. Aktivitas antijamur 


Sebuah studi baru-baru ini mengamati aktivitas antijamur dari 60 minyak esensial terhadap tiga spesies jamur penyebab penyakit: Aspergillus niger, Cryptococcus neoformans, dan Candida albicans. Ditemukan bahwa minyak nilam memiliki aktivitas antijamur yang signifikan terhadap C. neoformans.  
 

7. Sebagai insektisida 


Minyak nilam memiliki sifat insektisida, dan beberapa penelitian telah menilai efeknya pada spesies serangga yang berbeda. Menemukan insektisida alami bisa sangat bermanfaat, karena banyak insektisida buatan yang merusak lingkungan. 

Salah satu studi tahun 2008 menemukan bahwa, minyak nilam adalah yang paling efisien dalam membunuh lalat rumah ketika dioleskan. Studi lain menemukan bahwa minyak nilam beracun bagi tiga spesies semut perkotaan.
(TIN)