FITNESS & HEALTH

Awas, Ini Bahayanya Makan Permen Asam bagi Kesehatan Mulut

Medcom
Selasa 28 Juni 2022 / 07:00
Jakarta: Permen asam atau dikenal dengan sour candy merupakan salah satu jenis permen yang menjadi favoritnya banyak orang. Rasanya yang cenderung asam dapat membuatmu merasa lebih segar setelah mengongsumsinya. Akan tetapi, mengonsumsi permen asam berlebihan juga dapat berbahaya bagi kesehatan mulut lho!

“Permen asam memiliki rasa asam karena mengandung asam sitrat di dalamnya. Asam sitrat yang biasanya ditemukan pada buah lemon dan jeruk, merupakan bahan yang umum. Sama seperti dengan seperti asam askorbat, fumarat dan tartarat," tutur Dr Heather Kunen D. D. S, seorang dokter ortodonti sekaligus founder Beam Street Dentistry. 

Semua bahan tersebut secara alami terdapat pada buah dan sayur. Permen asam yang tahan lama juga mengandung asam malat, yang ditemukan dalam apel, ceri, dan tomat yang memperpanjang rasa pahit dari permen saat kamu menghisapnya.


(Permen asam memiliki rasa asam karena mengandung asam sitrat di dalamnya. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)


Semakin rendah tingkat pH suatu makanan, makan semakin asam rasanya dan tingkat pH permen asam sangat rendah yaitu sekitar 3,0. 

"Jika Anda banyak mengonsumsi makanan yang sangat asam ini, Anda mungkin menemukan bahwa bagian dalam mulut Anda terasa tidak nyaman atau bahkan terbakar," ujar Dr Kunen.

Menurut dr. Kunen cara terbaik untuk mengatasi ketidaknyamanan ini adalah dengan minum air putih atau mengonsumsi produk susu. Pasalnya, keju, yogurt, atau susu bisa memiliki dua manfaat. Pertama, mereka membantu menetralkan keseimbangan pH mulut, dan membantu mulut menjadi terasa lebih nyaman. 

"Produk susu juga mengandung protein yang disebut kasein yang membantu melindungi enamel kita," tutup Dr Kunen.
(yyy)