FITNESS & HEALTH

6 Manfaat Ajaib Spirulina, Punya Sifat Antikanker hingga Efektif Melawan Anemia

Sandra Odilifia
Sabtu 17 April 2021 / 16:13
6 Manfaat Ajaib Spirulina, Punya Sifat Antikanker Hingga Efektif Melawan Anemia
Jakarta: Sejak dulu spirulina telah dikenal dengan berbagai khasiatnya yang luar biasa. Tak hanya digunakan untuk kulit dan kecantikan, spirulina juga sarat dengan berbagai antioksidan dan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh serta otak.

Spirulina adalah organisme yang tumbuh di air asin dan air tawar. Ini adalah keluarga mikroba bersel tunggal yang sering disebut sebagai alga biru-hijau.

Banyak ahli gizi yang menyarankan untuk menambahkan spirulina ke dalam makanan sehari-hari guna mendapatkan manfaat kesehatan yang maksimal. Melansir Times of India, berikut adalah manfaat kesehatan dari spirulina:
 

1. Memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi


Stres oksidatif dapat merusak DNA dan sel yang dapat menyebabkan peradangan kronis yang dapat berkontribusi pada kanker dan penyakit lainnya. Spirulina adalah sumber antioksidan yang dapat melindungimu dari kerusakan oksidatif.

Antioksidan yang disebut phycocyanin juga memberi spirulina warna biru-hijau. Phycocyanin dapat melawan radikal bebas dan menghambat produksi molekul penanda peradangan.
 

2. Membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida


Penyakit jantung adalah salah satu penyebab utama kematian di seluruh dunia. Spirulina dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dengan menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida.

Tidak hanya itu, spirulina juga meningkatkan kadar kolesterol baikmu. Dalam sebuah penelitian terhadap orang dengan kadar kolesterol tinggi, 1 gram spirulina per hari menurunkan kadar trigliserida sebesar 16,3 persen dan LDL jahat sebesar 10,1 persen.
 

3. Membantu mengontrol diabetes tipe 2


Spirulina sangat bagus untuk penderita diabetes tipe 2. Dalam sebuah penelitian terhadap 25 orang dengan diabetes tipe 2, 2 gram spirulina per hari secara signifikan dapat mengurangi risiko ini.
 

4. Memiliki sifat anti kanker


Ada bukti yang menunjukkan bahwa spirulina memiliki sifat anti kanker. Studi yang dilakukan pada hewan menunjukkan bahwa spirulina dapat mengurangi terjadinya kanker dan ukuran tumor.

Selain itu, efek spirulina pada kanker mulut telah dipelajari dengan sangat baik. Dalam sebuah penelitian yang meneliti 87 orang dengan lesi prakanker, bagi orang yang mengonsumsi 1 gram spirulina per hari selama satu tahun, tercatat 45 persen lesi tampak menghilang dibandingkan dengan hanya 7 persen pada kelompok kontrol.

Ketika orang-orang ini berhenti minum spirulina, hampir setengah dari mereka mengembangkan kembali lesi pada tahun berikutnya.
 

5. Membantu menurunkan tekanan darah


Tekanan darah tinggi jika tidak ditangani tepat waktu dapat memicu berbagai penyakit serius seperti serangan jantung, stroke, dan penyakit ginjal kronis. Sebanyak 4,5 gram spirulina per hari telah terbukti menurunkan tekanan darah.

Penurunan tekanan darah itu didorong oleh peningkatan produksi oksida nitrat, molekul pemberi sinyal yang membantu pembuluh darahmu rileks dan melebar.
 

6. Efektif melawan anemia


Anemia sering terjadi pada orang dewasa dan dapat menyebabkan perasaan lemah dan lelah. Dalam sebuah penelitian terhadap 40 orang dengan riwayat anemia, suplemen spirulina meningkatkan kandungan hemoglobin sel darah merah dan juga meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.


Berapa banyak spirulina yang bisa dikonsumsi dalam sehari?

Dalam sebuah studi yang dipublikasikan di Journal of Nutrition Research, peneliti merekomendasikan kamu untuk mengonsumsi sekitar 4-7 gram spirulina per hari. Namun, kamu tidak boleh mengonsumsi lebih dari 15 gram per hari.
(FIR)