FITNESS & HEALTH

Ini 10 Khasiat Air Zamzam, Cara Minum dan Doanya

Muhammad Syahrul Ramadhan
Kamis 06 Mei 2021 / 12:48
Jakarta: Air zamzam yang biasa dijadikan oleh-oleh jemaah haji memiliki banyak keistimewaan. Bukan hanya aspek sejarah, tetapi juga khasiat kesehatan lahir dan batin.

Nabi Muhammad SAW dalam salah satu sabdanya mengatakan: ''Sebaik-baiknya air di permukaan bumi ialah air Zamzam. Padanya terdapat makanan yang menyegarkan dan padanya terdapat penawar bagi penyakit.''

Hasil kajian ilmiah pun menunjukkan bukti manfaat air zamzam untuk tubuh. Khasiat tersebut berasal dari kandungan nutrisinya yang lebih baik dibanding air minum biasa.

Berikut delapan khasiat air zamzam.

1. Melindungi tubuh dari berbagai penyakit

Seperti sabda Rasulullah, air zamzam secara ilmiah bisa melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Sebab, air zamzam meningkatkan stimulasi aquaporin (AQP).
AQP adalah lapisan air yang membentang di permukaan membran dan berperan penting untuk mengatur cairan yang ada di dalam sel.
Sebagai informasi, pada manusia terdapat sekitar 10 jenis AQP dan semuanya bisa distimulasi oleh air zam zam.

2.  Mencegah kanker

Sifat anti-inflamasi yang dimiliki air zamzam dinilai bisa membantu mengatasi dan mencegah kanker. Selain itu, air zam zam juga terbukti bisa meningkatkan jumlah komponen yang dapat mencegah kanker di tubuh yaitu Bikunin, Lunasin, dan Bowman Brikinhibitor.

3. Lebih sehat

Air zamzam lebih sehat dari air biasa karena kaya lebih kaya akan mineral. Hal itu juga yang menyebabkan air zamzam memiliki rasa yang berbeda.

4. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Air zam zam dapat mencegah osteoporosis alias pengeroposan tulang. Khasiat ini berasal dari kandungan kalsium yang tinggi pada air zamzam.
Selain itu, kandungan fluoride pada air zamzam dapat mencegah gigi berlubang. Fluoride adalah mineral yang berguna untuk menjaga keutuhan permukaan gigi.
Karena kalsium yang terdapat pada air zamzam sangat berlimpah. Air tersebut secara positif dapat memengaruhi tubuh manusia, terutama tulang dan gigi.

5. Regenerasi kulit

Untuk kesehatan kulit, air zamzam bisa membantu pergantian sel-sel kulit mati yang diubah dengan sel kulit baru. Perubahan sel kulit mati ini membuat kulit lebih cerah.
 

6. Dapat menghilangkan kemunafikan

Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, air zamzam juga memiliki keutamaan menghilangkan penyakit hati, yaitu munafik.
Rasullah bersabda, "Meminum air zamzam sampai puas bisa menghilangkan kemunafikan" (HR Ibnu Abbas).

7. Mengampuni dosa-dosa

Rasulullah SAW bersabda: “Siapa yang mengelilingi kaabah sebanyak tujuh kali, sholat di belakang makam Ibrahim, dan meminum air zam – zam, niscaya akan diampuni semua dosanya” (HR. Al-Wahidi).

8. Sebagian dari ibadah

Rasulullah SAW, bersabda "Melihat air zamzam adalah ibadah, ia (air zamzam) dapat menghapus berbagai dosa dan kesalahan, dan salah satu keutamannya adalah bahwa barangsiapa yang memercikannya ke kepala tiga kali maka dia tidak akan terkena penyakit" (HR al Fakihi).
 

9. Membedakan dengan orang munafik

Rasulullah SAW bersabda, “Yang membedakan kita dengan orang munafik ialah bahwa mereka tidak meminum dan merasakan air zam – zam sampai puas “(HR. Ibnu Majah).

10. Mewujudkan yang diniatkan

Nabi Muhammad SAW bersabda: "Air zamzam itu berkhasiat sesuai dengan apa yang diniatkan" (H.R Ibnu Majah).


Adab Meminum Air Zamzam

Agar mendapatkan khasiatnya, perlu dipahami adab saat meminumnya. Berikut adab saat meminum air zamzam.
  1. Membaca basmalah
  2. Menggunakan tangan kanan
  3. Hindari minum sekali teguk
  4. Minum hingga kenyang
  5. Minum dengan posisi duduk
  6. Banyak membaca doa


Doa Minum Air Zamzam

"Allahumma innii as'aluka ilman naafian wa rizqan waasi'an wa syifaa'an min kulli daa'in wa saqomin birahmatika ya arhamarrahimin.''

Artinya: ''Ya Allah aku mohon kepada-Mu ilmu pengetahuan yang bermanfaat, rezeki yang luas dan sembuh dari segala penyakit.''
(ACF)