FITNESS & HEALTH

Apakah Berkumur dengan Air Garam Bisa Menyembuhkan Sariawan?

Raka Lestari
Sabtu 14 November 2020 / 12:04
Jakarta: Berkumur dengan air garam seringkali dianggap dapat menyembuhkan sariawan. Memang di masyarakat, terutama di Indonesia berkumur dengan air garam seringkali dianggap menjadi cara alami tidak hanya untuk sariawan tetapi juga untuk meredakan sakit tenggorokan.

“Kalau dibilang air garam bisa mengobati sariawan saya rasa tidak ya. Berkumur dengan air garam sebenarnya  bukan sebagai penyembuh tetapi meringankan gejala sariwan,” ujar dr. Rusmawati,Sp. PM dari RS Mitra Keluarga Bintaro, dalam acara Media Webinar Kalbe "Membedakan Sariawan Biasa dan Kanker Mulut" pada Jumat, 13 November 2020.

Menurut dr. Rusmawati, memang ada beberapa orang yang terkena sariwan cukup besar kemudian berkumur dengan air garam lalu merasa sedikit lebih nyaman.” Akan tetapi berkumur dengan air garam bukan untuk menyembuhkan,” tegas dr. Rusmawati. 

“Untuk menyembuhkan sariawan, tentu kita bisa menggunakan salep atau gel, yang memiliki kemampuan antiinflamasi untuk meredakan radangnya tersebut. Kalau diooleskan ke sariawan lebih dini atau diobati lebih cepat tentunya bisa mempercepat proses penyembuhan,” ujar dr. Rusmawati.

“Dalam pengobatan sariawan prinsip yang harus diperhatikan adalah kita harus mengatasi gejala dan mengatasi penyebabnya, untuk itu dalam pengobatannya kita harus memperhatikan obat sariawan yang ideal dan terbuat dari bahan alami,” ujar Vania Harista Product Manager PT Kalbe Farma Tbk.

Beberapa orang juga menganggap bahwa sariawan disebabkan karena kurang vitamin C, sehingga dengan mengonsumsi vitamin C maka dapat mencegah terjadinya sariawan.

“Sebenarnya itu tidak juga, tetapi kalau sariawan disebabkan karena kurangnya vitamin C sehingga mengonsumsi vitamin C bisa membuat cepat sembuh sebenarnya lebih kepada memproteksi. Dan masih butuh penelitian lebih lanjut,” ujar dr. Rusmawati. 

“Dalam menjaga kesehatan mulut, kita bisa melakukannya secara mandiri melalui gerakan Sa-Mu-Ri (Periksa Mulut Sendiri) yang terdiri dari beberapa langkah, yaitu cuci tangan hingga bersih, berdiri di depan cermin, periksa bibir bagian atas dan bawah, periksa gusi atas dan bawah, periksa pipi bagian kanan dan kiri, periksa lidah bagian atas dan bawah, periksa rongga mulut atas dan bawah, periksa lidah sisi kanan dan kiri serta periksa kelincahan,kekakuan dan pergerakan lidah,” tutup dr.Rusmawati.
(YDH)