FITNESS & HEALTH

5 Kesalahan Menyajikan Teh yang Membuatnya Menjadi tak Sehat

Raka Lestari
Kamis 15 April 2021 / 17:07
Jakarta: Teh merupakan salah satu minuman yang terkenal akan manfaatnya untuk kesehatan. Ada banyak jenis teh dari berbagai negara yang ada di dunia, yang tentunya memiliki ciri khasnya tersendiri.

Sayangnya, cara penyajian serta bahan-bahan yang ditambahkan pada teh dapat mengurangi manfaat kesehatan dari teh. Dilansir dari Eat This, Not That berikut ini adalah 5 hal yang membuat teh menjadi tidak sehat:
 

1. Menambahkan terlalu banyak gula


Entah itu dalam bentuk gula kotak atau menambahkan madu kesukaanmu, gula tetaplah gula. Menambahkan sedikit sesuatu yang manis ke dalam teh tidak akan merugikanmu dalam jangka panjang.

Namun, jika kamu menambahkan terlalu banyak sesuatu yang manis ke dalam teh, maka itu dapat dengan mudah berubah dari sehat menjadi tidak sehat dengan sangat cepat. Cara terbaik untuk menikmati teh kesukaanmu adalah dengan meminumnya tanpa tambahan apapun.
 

2. Menggunakan pemanis buatan secara berlebihan


Jika kamu menginginkan sesuatu yang manis dalam teh, tetapi tidak menginginkan kalori tambahan maka penggunaan alternatif pemanis tanpa kalori tampaknya menjadi jawabannya. Tapi apakah ini aman?

Memang sampai saat ini para peneliti belum dapat mengidentifikasi hubungan antara pemanis buatan dan segala jenis risiko kesehatan. Namun, FDA merekomendasikan agar kamu tetap membatasi jumlah pemanis buatan.
 

3. Menambahkan terlalu banyak krimer atau susu


Krimer atau susu adalah bahan tambahan umum lainnya untuk secangkir teh. Mirip dengan gula, jika kamu ingin menambahkannya pada secangkir teh, usahakan tidak sampai berlebihan.

Kamu tetap bisa menambahkan sedikit krimer atau teh ke dalam teh. Tetapi pastikan untuk selalu mengukurnya atau menggunakannya dalam jumlah yagn sedikit, sehingga tidak menambah kalori pada secangkir teh tersebut.
 

4. Minum teh kemasan


Meskipun saat ini ada banyak jenis teh kemasan yang dijual di pasaran, dan ada pilihan yang lebih sehat. Tetapi pada umumnya teh dalam kemasan memiliki gula tambahan dalam jumlah yang sangat banyak.

Jika kamu ingin minum teh kemasan, usahakan selalu melihat kandungan nutrisi pada label kemasannya agar tidak berlebihan dalam mengonsumsinya.
 

5. Mengonsumsinya secara berlebihan


Meskipun teh dikenal memiliki banyak manfaat, sebaiknya kamu tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Kandungan kafein di dalam teh akan mengganggu metabolisme tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan.
(FIR)