FITNESS & HEALTH

5 Cara Ini Bantu Kamu Rileksasi

Raka Lestari
Minggu 22 November 2020 / 14:00
Jakarta: Banyaknya tekanan di hidup kamu membuat kamu stres dan mudah kesal. Jika sudah begini jangan lupakan waktu untuk rileksasi. Waktu untuk bersantai dan beristirahat tentu saja sangat penting, karena tidak hanya penting bagi kesehatan fisik namun juga bagi kesehatan mental kamu. 
 
Dan betapapun padatnya jadwal kamu, selalu ada cara untuk memberi diri sendiri momen-momen untuk beristirahat dan rileksasi. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk rileksasi diri dilansir dari Mayo Clinic.
 

1. Menuliskan kegiatan sehari-hari


"Evaluasi jadwal kamu untuk mencari tahu hal-hal apa saja yang membuang-buang waktu atau energimu," ujar Jill Ginsberg, seorang pelatih kesehatan. 

"Ada banyak hal-hal yang tidak begitu penting dalam kehidupan kita, seperti yang berhubungan dengan media sosial, televisi, atau membicarakan orang lain. Ganti kegiatan-kegiatan yang tidak bermanfaat seperti itu dengan hal yang lebih penting seperti olahraga, memasak, merawat diri, atau tidur."


rileksasi
(Sempatkan waktu rileksasi kamu dengan hal yang menyenangkan, misalnya dengan tertawa. Karena tertawa bisa membantu mengurangi stres, ketegangan yang intens, dan mengurangi rasa sakit. Foto: Ilustrasi/Pexels.com)
 

2. Membutuhkan bantuan orang lain 


Terkadang kita tidak bisa melakukan semuanya sendiri, dan ada kalanya kita membutuhkan orang lain sehingga kamu bisa memiliki banyak waktu yang lebih banyak. 

"Mendistribusikan beberapa pekerjaan kamu dapat menambah waktu santai dan memungkinkan kamu untuk lebih fokus dan menambah waktu bersantai dan beristirahat," kata Ginsberg. 
 

3. Berlatih pernapasan 


Jika kamu tidak sempat melakukan meditasi atau yoga secara lengkap, kamu dapat meluangkan waktu beberapa menit di mana pun kamu hanya fokus pada napas. 

"Ambil napas dalam-dalam perlahan melalui hidung, lalu hembuskan melalui hidung. Hitung sampai dua, lalu tarik napas lagi. Berhenti di antara napas membawa relaksasi," ujar guru meditasi dan terapis pijat Kathleen Lisson. 
 

4. Istirahatkan tubuh dari barang elektronik


Kamu tidak benar-benar santai jika kamu masih berselancar di dunia maya dengan media sosial atau memeriksa email. Sisihkan waktu di mana kamu tidak melakukan kegiatan apapun. 

Menurut Dr Pete Sulack, seorang stress expert, kamu akan mendapatkan berbagai manfaat bagi tubuh kamu dengan melakukan 'istirahat' dari barang-barang elektronik. 
 

5. Tertawa


Menurut Mayo Clinic tertawa dapat membantu mengurangi stres, ketegangan yang intens, menstimulasi organ-organ kamu, mengurangi rasa sakit, dan bahkan meningkatkan sistem kekebalan kamu. Jadi, usahakan untuk mendapatkan waktu rileksasi untuk diri kamu sendiri ya!
(TIN)