FITNESS & HEALTH

5 Penyebab Tremor Setelah Berolahraga

Sandra Odilifia
Minggu 29 November 2020 / 07:00
Jakarta: Tremor atau otot bergetar setelah berolahraga merupakan hal yang sering dialami banyak orang, namun apakah hal tersebut normal?

Biasanya tremor disebabkan oleh jenis latihan yang kamu lakukan dan kebiasaan gaya hidup yang kurang baik. Melansir Flabfix, berikut alasan lainnya mengapa tubuh kamu bergetar setelah berolahraga.
 

1. Kelelahan otot


Ini adalah penyebab paling umum dari gemetar setelah berolahraga, karena selama latihan, biasanya otot berkontraksi dan berkembang.

Menurut Scientific American, sel otot berkomunikasi dengan sumsum tulang belakang melalui berbagai bahan kimia.

Kelelahan otot biasanya mengubah hubungan antara otot dan sumsum tulang belakang. Dan bahan kimia yang dihasilkan tidak dapat mengikuti transmisi yang terjadi.
 

2. Gula darah rendah


Selama berolahraga, tubuh menggunakan glukosa dari darah dan asam lemak bebas. Terkadang kadar gula darah bisa turun di bawah jumlah yang dibutuhkan sehingga menyebabkan getaran. 

Biasanya butuh waktu hingga 24 jam agar gula darah kembali normal tergantung pada diet dan tingkat aktivitas kamu.
 

3. Kurang tidur


Kurang tidur menyebabkan tubuh kamu memproduksi hormon pertumbuhan otot dalam jumlah yang rendah. Itulah sebabnya melakukan olahraga saat tubuh belum cukup istirahat akan membuat otot kamu tremor setelah berolahraga.  
 

4. Dehidrasi


Kamu mungkin mengalami dehidrasi jika tidak minum lebih dari 10 gelas air sehari. Sama halnya dengan otot, otot akan berfungsi lebih efisien saat kamu minum cukup air. 

Kekurangan air akan memengaruhi elektrolit di dalam otot yang dapat menyebabkan gemetar setelah berolahraga.
 

5. Overtraining


Latihan berlebihan dapat menyebabkan tremor karena kelelahan otot atau ketegangan pada sistem saraf. Sistem saraf bisa rusak setiap kali kamu olahraga secara berlebihan. 

Biasanya, peringatan dari terlalu banyak aktivitas ditandai dengan kaki dan tangan bergetar. Oleh sebab itu, penting untuk menyesuaikan jenis latihan dan gaya hidup dengan kondisi tubuh kamu ya!

(TIN)